Hukum & Kriminal

Cegat Pemudik di Jalur Perbatasan Ponorogo – Wonogiri

Sejumlah kendaraan berplat Jakarta diperintahkan untuk putar balik. (Foto/ Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ratusan kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang akan menuju Jawa Timur, dilakukan pemeriksaan di perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Biting Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.

“Pemeriksaan ini terkait dengan kebijakan Pemerintah Pusat tentanh larangan mudik. Makanya kami lakukan pendekatan di wilayah perbatasan 2 provinsi ini,” kata Kapolres Ponorogo AKBP. Arief Fitrianto, Senin (27/4/2020).

Pengetatan di perbatasan ini sudah dimulai sejak tanggal 24 April 2020 lalu. Kendaraan dari Jakarta maupun berplat nomor luar daerah akan diperintahkan untuk putar balik. Dan dihimbau untuk tidak meneruskan perjalanan ketujuan awal atau masuk Jawa Timur.

“Kami bangun pos pengamanan 24 jam. Sehingga pemeriksaan ini bisa dilakukan secara intensif kepada warga yang nekat mudik ke Jawa Timur,” katanya.

Namun, lanjut Arief tidak semua kendaraan berplat luar daerah yang dilarang. Kendaraan yang membawa sembako, alat-alat kesehatan dan bahan pokok diizinkan untuk masuk wilayah Jawa Timur.

Selain itu kendaraan yang berplat nomor Ponorogo, saat akan masuk juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Jika suhu tubuh mereka dibawah 38° Celcius, maka diperbolehkan untuk meneruskan perjalanan. Polres Ponorogo, kata Arief juga berkordinasi dengan pemerintah desa untuk menjaga juga jalan-jalan tikus yang menuju Jawa Timur. “Kami juga berkordinasi dengan pemdes, untuk melakukan pengamanan di jalur-jalur tikus atau pedesaan,” katanya.

Dalam kesempatan , Arief menghimbau bagi masyarakat khususnya bagi pemudik, untuk menunda rencana mudiknya pada lebaran kali ini. Dia menyarankan pemudik untuk menggunakan media sosial atau internet untuk menjalin komunikasi dengan keluarganya di kampung. “Kami berharap kepada masyarakat untuk tidak mudik tahun ini. Tunda dulu sampai virus corona hilang dari Indonesia,” pangkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar