Hukum & Kriminal

Cegah Penularan dari Peziarah, Polisi Bagikan Masker di Wisata Religi Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Guna mencegah penularan dari peziarah. Puluhan polisi dari Satlantas Polres Gresik membagikan masker di dua wisata religi.

Kedua wisata religi yang dimaksud itu antara lain Makam Sunan Giri, dan Syech Maulana Malik Ibrahim. Sebelumnya, dua wisata religi ini sangat ramai dipadati para peziarah dari berbagai daerah. Namun, saat ada pandemi Covid-19. Kondisinya berubah total.

Kendati saat ini baru dibuka khusus hanya peziarah lokal, atau ber-KTP Gresik. Namun, untuk menekan penyebaran virus tersebut. Protokol kesehatan sesuai Inpres nomor 6 tahun 2020 serta Perbup 22 tahun 2020 tetap diberlakukan.

“Kami membagikan masker kepada peziarah di kawasan wisata religi, dan menghimbau tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kasatlantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto, Jumat (21/08/2020).

Perwira pertama polisi itu juga menambahkan, selain mengenakan masker. Dirinya, juga menghimbau kepada peziarah tetap menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun.

Secara terpisah terkait dengan ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Disparbud Gresik, Holomon AH. Sinaga mengatakan, dua wisata religi memang belum dibuka secara penuh. Hanya dibuka untuk warga lokal.

“Untuk sementara baru dibuka buat warga yang ber-KTP Gresik. Sedangkan warga dari luar itu belum diperbolehkan,” tandasnya.

Masih menurut Sinaga, dua wisata religi itu baru bisa dibuka secar penuh kalau keadaaan sudah membaik. “Jangan sampai Gresik yang saat ini sudah zona oranye kembali lagi menjadi zona merah. Jadi mohon pengertiannya bagi warga dari luar Gresik,” tandasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar