Hukum & Kriminal

Cegah Kerumunan Pemohon SIM Pasca Libur, Satpas Polres Gresik Berlakukan Ini

Kasatlantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto (kiri) Mengatur Alur Pemohon SIM di Kantor Satpas Satlantas Polres Gresik, FOTO/Deni Ali

Gresik (beritajatim.com) – Untuk mencegah kerumunan warga yang hendak mengurus SIM pasca libur tahun baru, dan natal. Satpas Satlantas Polres Gresik memberlakukan protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat.

Warga yang hendak mengurus SIM sebelum memasuki Kantor Satpas Polres Gresik diberi nomor antrian serta wajib mematuhi prokes. Baik itu mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan memakai sabun saat hendak menyerahkan berkas permohonan SIM.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui Kasatlantas AKP Yanto Mulyanto menuturkan, tidak ada pembatasan dalam pelayanan permohonan SIM. Satpas Polres tetap melayani tapi dengan mengkedepankan prokes.

“Untuk mencegah kerumunan dan membludaknya warga yang mengurus SIM pasca libur tahun baru serta natal. Jadwal pelayanan dibuka lebih lagi dari semula pukul 08.00 wib menjadi 07.00 wib sampai selesainya pelayanan,” tuturnya, Senin (4/01/2021).

Ia menjelaskan bagi pemohon SIM yang masa berlakunya habis. Bisa diperpanjang mulai Hari Senin hingga Rabu. Pemohon tetap wajib mematuhi prokes dan tidak diperkenankan mengurus melalui orang lain (Calo).

Sementara itu, Yanti (26) salah satu warga asal Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik yang hendak mengurus perpanjangan SIM C mengatakan, SIM telah habis masa berlakunya pada 2 Januari 2021 lalu. Saat itu, dirinya sempat ke Kantor Satpas Polres Gresik Sabtu (2/1) namun masih tutup karena libur.

“Alhamdulillah antriannya tidak banyak. Saya barusan mengikuti tes psikologi lalu diarahkan ke Kantor Satpas Polres Gresik guna mengurus SIM C yang baru,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, antrian pemohon SIM sempat mengular. Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Pasalnya, petugas yang berjaga diluar juga mengatur barisan pemohon SIM dengan tertib. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar