Hukum & Kriminal

Cak Tejo, Maskot Polantas Surabaya Sosialisasikan Pentingnya Prokes di Warnas dan Warkop

Surabaya (beritajatim.com) – Berkelana memasuki warung nasi dan warkop di Surabaya, Cak Tejo Polantas Surabaya mencari saudaranya sejak dua hari terakhir. Sejak Senin (14/12/2020), ia berjalan keluar masuk warung. Bahkan, Selasa (15/12/2020) pagi tadi bersama personil Polantas, ia kembali keliling keluar masuk warung menyuarakan pentingnya protokol kesehatan.

Selain itu, Cak Tejo yang ikon Polantas yang memilik kepanjangan Cakap tertib Jogo Suroboyo ini juga menyuarakan pentingnya tertib lalulintas. Sehingga, masyarakat Kota Surabaya selain bisa tertib berlalulintas juga sehat karena bisa menjaga konsistensi memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan.

“Edukasinya adalah supaya bisa tertib brrlalulintas dan menekankan protokol kesehatan saat makan atau ngopi di warung,” jelas Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Teddy Candra, Selasa (15/12/2020).

Lebih lanjut Kasat Lantas menjelaskan, selain mencari ‘saudara’ yakni masyarakat umum atau pembeli, Cak Tejo juga mengajak para pengusaha dan penjaga warung nasi maupun warkop. Dengan begitu, sebagai saudara Cak Tejo, masyarakat bisa saling mengingatkan untuk konsisten tertib protokol kesehatan.

Sebab, melalui cara itu, lanjut AKBP Teddy, penyebaran virus corona bisa ditekan seperti saat ini. Tak hanya itu, setiap ada kerumunan, Cak Tejo juga tak akan segan menegur. Meski tak dibubarkan, maskot Satlantas ini menegaskan bahwa jaga jarak dan pakai masker patut dilakukan saat berkerumun.

“Surabaya setidaknya sudah berhasil menekan angka penyakit menular ini. Sehingga kita harapkan masyarakat bisa lebih konsisten lagi membentuk habit baik di setiap ada kegiatan di luar rumah,” tegasnya.

Habit baik, merupakan kebiasaan baik baru dengan progran 3M. Sehingga, warga yang sudah melakukan 3M sudah pasti membantu menjaga kesehatan diri sendiri, teman, dan saudara. Terlebih saat di kantor atau berkerja, kebiasaan 3M wajiblan dilakukan.

Sementara itu, guna menumbuhkan habit baik ini, Satlantas Polrestabes juga membagikan masker. Tak hanya membagikan masker di warung, petugas baik itu Polwan maupun polisi juga membagikan masker di jalanan.(man/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar