Hukum & Kriminal

Bus Roadshow KPK Sambangi Kota Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) – Mojokerto menjadi kota kelima yang disambangi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam acara Roadshow Bus KPK, Selasa (9/7/2019). Bus ini sudah terparkir rapi di halaman GOR Mojopahit Jl Gajah Mada 149 Mojokerto sejak pagi.

Sebelumnya Roadshow ini telah sambangi kota-kota lain yakni Jombang, Nganjuk, Madiun, dan Ngawi. Dengan tema ‘Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi’, Roadshow Bus KPK ini rencananya akan sambangi 28 Kota dan Kabupaten di Jawa Timur hingga Bali.

Korupsi yang memang menjadi momok besar untuk semua Negara berkembang maupun maju memang agaknya sulit untuk dihilangkan. Kegiatan pemberantasanpun tak cukup. Dibutuhkan juga pencegahan untuk menekan tingkat korupsi.

Pemerintah melalui KPK berkerja keras untuk melakukan hal itu. Roadshow Bus KPK ini menjadi salah satu kiat dalam melakukan aksi pencegahan korupsi. KPK tak hanya bertugas memberantas korupsi, tapi juga berperan aktif dalam lakukan pencegahan. Sesuai dengan tema Roadshow kali ini, ‘Jelajah Negeri, Bangun Antikorupsi’, KPK memiliki tujuan untuk mengajak semua kalangan untuk berperan aktif dalam Upaya Pencegahan korupsi dan menanamkan budaya antikorupsi.

KPK akan Berada di Mojokerto selama dua hari, mulai 9 Juli sampai 10 Juli 2019. Di sini Bus Roadshow KPK tidak hanya sekedar melewati Kota-kota di Jawa Timur, KPK juga akan berinterkasi langsung dengan Masyarakat di daerah tersebut.

Sasaran KPK tak lagi anggota Dewan dan PNS yang ada di Mojokerto, tetapi semua lapisan masyarakat di Mojokerto. Dari mulai anak-anak sampai dewasa. PemKot (Pemerintah Kota) Mojokerto sendiri telah menyediakan GOR Mojopahit dan Balai Kota sebagai tempat berlangsungnya acara.

Acara Roadshow ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik. Serangkaian kegiatan telah disusun seperti pameran pelayanan publik, nonton film bareng, games interaktif, dan juga sosialisasi antikorupsi. Dalam mempersiapkan acara ini KPK mengajak kerjasama Universitas Mayjen Sungkono Mojokerto. Setidaknya ada 10 Mahasiswa menjadi volunteer.

Saat ditemui di acara sosialisasi antikorupsi, salah satu Volunteer Ilham Wardani mengungkapkan bahwa dirinya dan 9 volunteer lainnya ditugaskan untuk membantu di kegiatan sosialisasi untuk kalangan pelajar. “Kalau disini (GOR Mojopahit) hanya buat siswa sekolah, kalo untuk pegawai PNS, anggota Dewan dan Wirausahawan ditempatkan di Balai Kota,” jelas Ilham.

Ditanya pendapatnya mengenai acara Roadshow ini Iham mengungkapkan rasa senang dan bangganya. “Jarang-jarangkan yang kayak gini, KPK dari Jakarta kesini untuk sosialisasi bukan lagi untuk OTT dan OTT, baguslah ini bisa nambah pengetahuan juga kan,” tambahnya. [lis/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar