Hukum & Kriminal

Bupati Pamekasan Ajak Stakeholder Cegah Peredaran Miras

Bupati Pamekasan memusnahkan botol miras hasil Operasi Pekat Polres Pamekasan, di Lapangan Nagara Bhakti, Selasa (2/2/2021).

Pamekasan (beritajatim.com)Bupati Pamekasan, Badrut Taman mengajaak seluruh stakeholder serta masyarakat untuk bersama-sama melakukan berbagai langkah antisipatif sekaligus mencegah peredaran minuman keras alias miras, khususnya di wilayah yang dipimpinnya.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan pemusnahan barang bukti ribuan botol miras hasil Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) yang digelar Polres Pamekasan, khusnsya dalam kurun waktu setahun terakhir, yakni selama 2020 lalu.

Proses pemusnahan sebanyak 2.670 botol miras tersebut, dilakukan di Lapangan Nagara Bhakti kompleks Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Selasa (2/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Badrut Tamam memimpin langsung proses pemusnahan ribuan botol miras bersama jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), Mejelis Ulama Indonesia (MUI), serta perwakilan ormas, semisal Muhammadiyah, Nahdatul Ulama (NU) dan lainnya.

“Kedepan kerjasama antara pemkab (pemerintah kabupaten), Forkopikda dan ormas sangat penting untuk bersama-sama melakukan berbagai upaya pencegahan maupun penggunaan miras di Pamekasan. Termasuk peran dan partisipasi masyarakat di kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan pentingnya pendidikan moral ataupun pendidikan karakter bagi masyarakat, khususnya bagi generasi muda di daerah yang dipimpinnya. “Di samping upaya pencegahan, pendidikan moral dan agama juga sangat penting untuk mencegah peredaran miras,” tegasnya.

“Terlebih dari sudut pandang kesehatan, mengkonsumsi miras juga sangat tidak baik. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan berbagai upaya pencegahan peredaran miras khususnya di kabupaten Pamekasan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengajak seluruh pihak untuk selalu bergandengan tangan dan mendukung langkah penuh Polres Pamekasan, yakni dalam melakukan langkah pencegahan berupa tindakan kuratif terhadap beragam kasus kriminal ataupun pidana, termasuk soal miras.

“Atas nama pemerintah kabupaten Pamekasan, kami menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kapolres, Komandan Kodim, Kepala Kejari, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan, Pimpinan ormas beserta teman-teman wartawan. Mari lakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan miras di Pamekasan,” tegasnya.

Sebelumnya Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar juga berharap dukungan dari semua pihak yang selalu memberikan dukungan maksimal dalam menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah hukum instansi yang dipimpinnya.

“Tidak kalah penting kami juga selalu berharap dukungan dari semua pihak untuk melaksanakan tugas kamtibmas di Pamekasan, sebab tanpa adanya dukungan termasuk partisipasi aktif dari masyarakat, kami tidak mungkin dapat melaksanakan tugas dengan baik,” pungkaisnya. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar