Hukum & Kriminal

Buntut Oknum Sekdes Nyabu, Perangkat Desa Dites Urine

Sebanyak sepuluh perangkat desa Sumberaji, Kecamatan Kabuh, Jombang, menjalani tes urine, Rabu (22/1/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Seluruh perangkat desa di Sumberaji, Kecamatan Kabuh, menjalani tes urine, Rabu (22/1/2020). Hal itu sebagai tindak lanjut tertangkapnya Sekdes (Sekretris Desa) setempat, Radityo Wisnu Murti (24), karena mengkonsumsi sabu-sabu, dua hari lalu.

Tes urine tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Reserse dan Narkoba Polres Jombang AKP Moch Mukid. Hadir pula Kapolsek Kabuh AKP Rudi Darmawan, serta Kepala Desa Sumberaji Yoga S. Sebelum tes urine digelar, Mukid memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba.

Selanjutnya, satu persatu dari sepuluh aparat pemerintahan desa setempat menjalani tes. Mereka ke kamar kecil untuk mengambil sampel urine. Air seni tersebut ditempatkan di wadah berukuran kecil, lalu diserahkan ke petugas medis. Nah, air kencing tersebut lantas dicek dengan alat deteksi narkoba lima parameter.

Kasat Resnarkoba Polres Jombang mengapresiasi Kades Sumberaji dan perangkatnya yang pro-aktif dan berani melaksanakan tes urine. Hal itu untuk membuktikan kepada masyarakat Jombang, bahwa desa Sumberaji bukan sarang narkoba.

“Kegiatan ini untuk menindaklanjuti permohonan Kades, setelah salah satu oknum perangkat desa tertangkap karena mengkonsumsi sabu. Makanya kita hadir di balai desa ini,” ujar Mukid di sela acara.

Bagaimana hasil tes urine tersebut? Mantan Kasat Resnakoba Polres Ngawi ini menjelaskan, seluruh perangkat desa yang dites urine, hasilnya negatif. Artinya, tidak ditemukan satupun perangkat desa yang terindikasi menggunakan narkotika. “Dari sepuluh orang perangkat desa yang kita cek urine, hasilnya negatif,” tegas Mukid.

Sebelumnya, Sekdes atau Carik Desa Sumberaji, Radityo Wisnu Murti (24) dibekuk Satresnarkoba Polres Jombang karena mengkonsumsi sabu-sabu. Dia ditangkap bersama enam pelaku lainnya yang notabene satu jaringan. Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti. Mulai dari sabu, alat isap, hingga uang. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar