Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Buka Perlombaan Santri di Pasuruan, Gus Mujib: Terimakasih Wali Santri

Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron

Pasuruan (beritajatim.com) – Wali santri harus bangga karena putra-putrinya menjadi santri pilihan dari banyak pilihan untuk mengikuti lomba Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Kabupaten Pasuruan.

Pernyataan itu dilontarkan Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron pada saat menghadiri Pembukaan FASI yang diselenggarakan Forum Ukhuwah Pengembangan TPQ Kabupaten Pasuruan.

Dilaksanakan di Balai Pertemuan Wisata Petik Mangga Alpukat, Desa Oro-oro Ombokulon, Kecamatan Rembang, Gus Mujib sapaan akrab Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini mengapresiasi santriwan dan santriwati.

Utamanya yang saat ini tengah berpartisipasi dalam event FASI Kabupaten Pasuruan sejak dari tahapan seleksi di tingkat Kecamatan. Menurutnya, keberhasilannya yang sampai pada titik saat ini tidak jauh dari campur tangan Wali Santri yang telah mendidik sekaligus melatih para santri.

“Alhamdulillah anak-anak sekarang sudah luar biasa. Terutama dalam hal membaca dan memahami Al-Qur’an. Ini bukti bahwa santri di kabupaten Pasuruan adalah para kader-kader Al-Qur’an”, ujarnya.

Dengan adanya FASI ini, Wakil Bupati menitipkan pesannya kepada seluruh warga Kabupaten Pasuruan agar semakin membumikan TPQ.  Menurutnya, TPQ harus ada di setiap Desa.

Sebaliknya, selain memahami dan mengerti tentang apa yang ada didalam Al-Qur’an, santri juga harus bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari ditingkatkan kualitasnya. Saya minta terus berinovasi dan berkreasi sudah dalam rangka melatih anak. Anak-anak harus bisa dilatih untuk tampil. Terima kasih kepada FUP TPQ karena sudah mengadakan kegiatan FASI di seluruh Kecamatan”, pesannya.

Sementara itu Ketua Forum Ukhuwah Pengembangan (FUP) TPQ, Abdullah Mahfud menjelaskan jika acara yang digelar di Balai Pertemuan Wisata Petik Mangga Alpukat itu merupakan puncak acara dari serangkaian kegiatan FASI di Kabupaten Pasuruan.

Adapun santri yang mengikuti lomba merupakan para santri dari TPQ. Mereka mengikuti beberapa kategori yang dikompetisikan, seperti lomba Asmaul Husna, Tartil Qur’an, Tilawah dan lomba Ceramah Agama. Berikut lomba Mewarnai serta lomba Adzan dan Iqamah.

“Rangkaian lomba FASI ini dilaksanakan dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai terakhir di skala Nasional. Saat ini di Kabupaten Pasuruan sudah memasuki tahap tingkat Kabupaten. Setelah ini juga akan ada penyerahan hadiah yang diberikan kepada juara dari tiap Kecamatan”, ungkapnya. (ada/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar