Hukum & Kriminal

Buka Kotak Teh Siap Saji, Polisi Temukan Sabu 7 Kg

Narkoba jenis sabu yang diamankan petugas usai dikeluarkan dari pembungkus teh.

Surabaya (beritajatim.com) – Seorang perempuan diamankan Satreskoba Polrestabes Surabaya karena kedapatan mengedarkan narkoba jenis sabu seberat 8 ons. Perempuan diketahui bernama Nining Dwi Hariyanti (32) asal Malang ini diamankan saat liburan ke Bali.

Menurut Nining, uang Rp 5 juta hasil mengantar sabu seberat 2,2 kg itu ia pakai berlibur bersama keluarganya ke Kuta. Selain Nining, polisi juga menangkap suaminya yakni Doni Feriawan (42) warga Surabaya. Usai dikembangkan, polisi pun mendapatkan imformasi untuk menangkap tiga orang pelaku lain penyuplai sabu. Benar, petugas pun mengamankan total 7 kg sabu yang terbungkus dus dan dilapisi teh.

“Kedua pelaku yang kami amankan ini merupakan satu rangkaian. Kami tangkap di tempat dan waktu yang berbeda,” sebut Kasatreskoba Polrestabes Surabaya Kompol Memo Ardian, Rabu (20/11/2019).

“Kami kemudian melakukan pengembangan lagi, dan tiga orang pelaku berhasil kami amankan saat hendak check in di salah satu hotel di kawasan Sedati, Sidoarjo. Barang bukti yang kami sita ada seberat 7 kilogram,” jelasnya.

Dalam penangkapan tiga pelaku lain, petugas harus bekerja ekstra karena ketiga pelaku melawan. Hingga akhirnya timah panas pun mendarat ke kaki para pelaku.

“Ketiga tersangka juga terpaksa kami lumpuhkan betis kakinya, karena berusaha kabur saat kami tangkap. Waktu itu mereka menuju hotel baik mobil taksi online,” tambah Memo.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan sementara, sabu seberat 7 kg tersebut rencananya akan dipasarkan di sejumlah daerah di Jatim, termasuk Surabaya dan Sidoarjo. Sedangkan saat ditanya inisial pelaku lain, Kompol Memo belum bisa memberikan keterangan guna kepentingan penyelidikan.

“Barangnya (sabu) ini didapat dari Aceh. Dimasukkan dalam koper biasa. Saat ini masih akan kembangkan hingga ke jaringan di atasnya,” tandas alumnus Akpol 2002 tersebut. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar