Hukum & Kriminal

Brankas Minimarket di Mojokerto Dibobol, Uang Rp 11 Juta Dibawa Kabur Pelaku

Anggota dari Polsek Trowulan saat olah TKP. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebuah minimarket yang terletak di Jalan Raya Dusun Trowulan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kamis (23/7/2020) dibobol orang tak dikenal. Pelaku berhasil membawa lari uang senilai Rp 11 juta dari brankas yang ada di dalam minimarket.

Kapolsek Trowulan, Kompol Subiyanto mengatakan, aksi pembobolan tersebut diketahui saat karyawan hendak membuka minimarket. “Sekira pukul 06.00 WIB, salah satu karyawan hendak membuka rolling door. Namun masuk mendapati pintu penghubung gudang yang semula terkunci terbuka,” ungkapnya.

Pintu penghubung gudang yang semula terkunci tersebut dalam posisi terbuka dan mengalami kerusakan pada bagian gembok. Setelah dilakukan pengecekan, saksi mendapati plafon sebelah barat jebol atau rusak, CCTV padam dan box CCTV rusak. Sementara brankas jebol setelah dirusak pelaku.

“Di dalam brangkas terdapat uang. Karyawan tersebut kemudian melapor ke Polsek Trowulan, anggota langsung ke TKP bersama team INAFIS Polres Mojokerto untuk melakukan olah TKP. Sejumlah barang bukti berhasil diamankan dari lokasi, kita juga meminta keterangan saksi,” katanya.

Masih kata mantan Kapolsek Jetis, Polresta Mojokerto ini, dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) diamankan sejumlah barang bukti. Diantaranya, penutup pintu brankas, penutup DVR, sisa potongan pintu brankas dan potongan plafon gypsum. Hingga kini, kasus pembobolan minimarket tersebut masih dalam penyelidikan.

“Dari olah TKP diketahui, jika pelaku masuk ke dalam minimarket dengan cara memanjat pohon dekat dinding kemudian merusak atap seng dan menjebol plafon. Setelah berhasil masuk, pelaku kemudian merusak pintu penghubung gudang dan memasuki gudang,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan, pelaku kemudian merusak CCTV dan membongkar isi brangkas. Uang sebesar Rp 11 juta dari dalam brangkas berhasil dibawa kabur pelaku. Menurutnya, minimarket yang terletak di pinggir jalan nasional Surabaya-Madiun tersebut sering terjadi aksi pembobolan.

“Sering terjadi pembobolan di minimarket tersebut. Sebelumnya, pelaku membobol minimarket dan mengambil barang-barang yang ada di dalam minimarket. Pelaku satu orang, sudah ditahan. Untuk kasus pembobolan kali ini, masih dalam lidik terkait berapa orang pelaku. Minta doa semoga cepat tertangkap,” tegasnya. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar