Hukum & Kriminal

Bosan Melarikan Diri, Pembobol ATM Trosobo Ini Akhirnya Pulang, dan Diringkus Polisi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Faizal Pramudya (34) warga Perum Villa Jasmine 1 Blok F-19 RT 53, RW 13, Desa Suko Kec.Sidoarjo, salah satu pembobol ATM di Trosobo Taman, akhirnya pulang kampung. Dia mengaku tak betah tinggal di beberapa tempat pelarian.

Tidak langsung pulang ke rumah sendiri, Faizal menginap di rumah temannya di Desa Bligo Kec. Candi dan kemudian kost di Bligo. Kepulangan pria yang tega meninggalkan temannnya Sugeng Supriyono (40) warga Jalan H. Syukur V/05 RT 23 RW 11 Sedatigede, terjebak dalam minimarket saat mengelas mesin ATM itu, langsung disergap oleh petugas.

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol M. Wahyudin Latif menjelaskan bahwa perkara pembobolan ATM Bank BCA di dalam Minimarket Jl.Raya Trosobo Kec.Taman Kab.Sidoarjo, terjadi pada hari Kamis (19/11/2020).

Satu tersangka bernama Sugeng Supriyono (40) berhasil ditangkap petugas, tanpa perlawanan. “Tersangka Sugeng Supriyono ditangkap terlebih dulu di dalam minimarket dan peralatan las,” katanya, Jumat (8/1/2021).

Sementara itu rekan Sugeng, yang bernama Faizal Pramudya yang bertugas membantu dan mengawasi keadaan sekitar TKP, berhasil melarikan diri.

Petugas pun saat usai menangkap Sugeng, langsung mengejar Faizal keberbagai tempat di Sidoarjo, termasuk rumahnya, namun tak menemukan. Petugas akhirnya menetapkan Faizal Pramudya sebagai DPO mulai Tanggal 19 November 2020.

“Saat tersangka Faizal Pramudya kabur itu, petugas langsung menjadikan ia sebagai DPO,” jelasnya.

Dan beberapa hari lalu tersangka Faisol Pramudia yang kabur berhasil ditangkap oleh Unit Pidum Satreskrim Polresta Sidoarjo. Didepan petugas tersangka Faisol Pramudia memberikan keterangan saat mulai pelarian.

Awal kabur ke daerah Jember, ke tempat saudara, dengan naik bus dari terminal Bungurasih. Empat hari berada di Jember, tersangka Faizal pindah menuju ke daerah Situbondo, yang juga rumah saudaranya.

Menginap di Situbondo selama tiga hari, Faizal sudah tak kerasan. Hari keempat di Situbondo ia memutuskan untuk pindah lagi menuju ke daerah Cirebon, juga tempat saudaranya. Di Cirebon ia tinggal agak lama yakni 20 hari.

Dan menjelang tahun baru kemarin, tersangka memutuskan pulang kampung ke Sidoarjo, ke rumah temannya yang berada di Bligo Candi dan indekost di Bligo. “Saat berada dj Bligo, DPO itu berhasil ditangkap Unit Pidum Satreskrim Polresta Sidoarjo,” tegas Latif.

Selain itu tersangka Faizal juga memberikan keterangan bahwa saat kejadian, kedua tersangka berangkat bersama-sama dengan menggunakan sepeda motor dari Sedati menuju ke TKP.

Setelah melakukan pemantauan dan dirasa aman tersangka Sugeng Supriyono mengelas pintu rolling door, sementara tersangka Faizal Pramudya berperan sebagai pemantau situasi yang ada.

Setelah tersangka Sugeng masuk kedalam minimarket, tersangka Faizal meninggalkan TKP. Dan pada saat tersangka Sugeng melakukan pengelasan mesin ATM, diketahui oleh warga, selanjutnya dilakukan penggerebekan bersama anggota Reskrim Polresta Sidoarjo bersama dengan Polsek Taman. [isa/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar