Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Bos Resto Mirasa 2 Kediri Menangkan Gugatan Kisruh Percakapan Grup Dana Pangrukti

Kediri (beritajatim.com) – Majelis hakim Pengadilan Negeri Kota Kediri memutuskan untuk menolak gugatan perdata Wijayanto alias Wee U terhadap Yuyun Masita Yuwono (63). Sehingga, pemilik resto Mirasa 2 itu dinyatakan tidak bersalah.

Selain dilaporkan pidana dugaan pencemaran nama baik, Yuyun juga digugat perdata dalam kasus yang sama oleh Wijayanto. Namun karena pengadilan menolak gugatan tersebut, maka tim kuasa hukum Yuyun bermaksud akan melapor balik. Terlebih, pada perkara pidana juga dimenangkan oleh Yuyun.

Tim penasihat hukum (PH) Yuyun, Luka Fardiana dan Danan Prabandaru mengaku, atas perkara pencemaran nama baik telah menuai hasil. Pengadilan Tinggi Surabaya menyatakan unsur dakwaan pasal 27 ayat 3 Undang Undang (UU) ITE tidak terpenuhi dengan berbagai pertimbangan.

Oleh karenanya, Yuyun dinyatakan bebas murni. “Begitupun dengan perkara perdata. Alat bukti yang dijadikan sama,” ujar Luka Fardiana. Selain itu, Yuyun juga digugat untuk mengganti kerugian Rp 3 miliar dan pemulihan nama baik Wijayanto. Namun dalam perkara ini gugatan dinyatakan tidak dapat diterima.

Putusan kasasi mahkamah agung (MA) yang sudah ditandatangani juru sita pengganti Arif Hariyanto telah diterima Rabu (22/9/2021). “Hasil putusan ini dinyatakan sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht,” terang Luka.

Sementara PH Danan menambahkan, terungkapnya fakta persidangan bahwa yang mendistribusikan percakapan WhatsApp (WA) dalam grup Dana Pangrukti adalah Bambang Giantoro. “Sementara penggugat Wijayanto Setiawan tidak tergabung dalam grup Dana Pangrukti, makanya dia terlalu menutupi tapi sudah terungkap waktu sidang pidana,” paparnya.

Sebagai PH Yuyun, Danan menuturkan, pihaknya masih menunggu kondisi kesehatan kliennya membaik. Kemudian, akan mengambil langkah upaya menuntut balik terkait terungkapnya yang mendistribusikan percakapan tersebut. “Kami juga sudah menyiapkan segala sesuatunya kalau kesehatan Yuyun Masita sudah membaik akan menuntut balik dengan UU ITE,” pungkasnya. [nm/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar