Hukum & Kriminal

Bobol Kotak Amal Masjid di Mojokerto, Pelaku Terekam Kamera CCTV

Pelaku pembobol kotak amal terekam kamera CCTV Masjid Minhajul Abidin. [Foto: misti/beritajatim]

Mojokerto (beritajatim.com) – Aksi pembobol kotak amal terjadi di Masjid Minhajul Abidin Desa Mojogeneng, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. Dua orang pelaku terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) dan berhasil menguras isi kotak amal sebesar Rp15 juta.

Pengurus Masjid Minhajul Abidin, Muhammad Nur Falah mengatakan, aksi pembobolan kotak amal itu diketahui pada Rabu (13/11/2019) kemarin. “Kejadiannya sekira pukul 01.29 WIB, ada dua pelaku yang terekam di kamera CCTV,” ungkapnya, Kamis (14/11/2019).

Masih kata pengurus masjid, aksi pembobolan tersebut diketahui saat takmir masjid hendak menunaikan ibadah sholat subuh dan melihat kotak amal yang tertempel di dinding sudah terbuka. Dalam rekaman CCTV terlihat, dua orang pelaku melakukan aksinya.

“Pelaku mencongkel kotak amal dengan panjang 150 cm dan lebar 50 cm itu. Kalau melihat bekas congkelan pada kotak amal, kemungkinan pelaku menggunakan kubut. Karena pintu kotak amal dilas dengan kuat, tidak mungkin menggunakan obeng atau lainnya,” katanya.

Ciri- ciri pelaku, lanjut pengurus masjid, berperawakan dempal. Satu pelaku memakai helm teropong dan satu pelaku lagi menggunakan penutup kepala dengan menggunakan baju putih bergaris dan jemper berwarna coklat.

“Uang yang diambil sekitar Rp15 juta lebih karena sudah 1,5 tahun, tidak diambil oleh pengurus masjid. Setelah berhasil mengambil uang di kotak amal, satu pelaku keluar Masjid dan mengambil karung plastik. Kedua pelaku langsung kabur dengan mengendarai sepeda motor ke arah Jatirejo,” jelasnya.

Menurutnya, aksi pembobolan kotak amal ini bukan kali pertama terjadi di Masjid Minhajul Abidin. Sebelumnya, masjid yang berada di lingkungan pondok itu juga pernah menjadi sasaran komplotan pembobol kotak amal. Pelaku selalu beraksi pada malam hari di musim liburan santri.

“Sebelumnya itu kotak amal di Serambi juga pernah dibobol, uangnya Rp3 juta. Kasus pembobolan kotak amal masjid ini, sudah kami laporkan ke pihak kepolisian. Semoga pelakunya segera tertangkap,” tegasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar