Hukum & Kriminal

Bobol Kotak Amal di Barat Magetan, Warga Ngawi Diamankan

Tersangka Aldie Sukma diamankan di Mapolsek Barat setelah tertangkap mencuri uang di kotak amal di Musala Mushola AL IHSAN Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Magetan, Sabtu (13/2/2021).

Magetan (beritajatim.com) – Seorang pria bernama Aldie Sukma (23), warga Kelurahan Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Malang kepergok mencuri kotak amal. Pencurian itu terjadi di Musala Mushola AL IHSAN Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Magetan.

Tertangkapnya tersangka Aldie, Jumat (12/2/2021) sekitar pukul 13.00 WIB, ketika saksi Sumarsono (45) melihat ada sepeda motor di depan mushola AL IHSAN, kemudian saksi memeriksa ke dalam mushola dan mendapati pelaku sedang mengambil uang dari dalam kotak amal yang berada di atas almari.

“Kemudian pelaku diamankan oleh saksi bersama warga lainnya,” kata Kapolsek Barat AKP Ruwajiyanto ketika dikonfirmasi di Polsek Barat, Sabtu (13/2/2021).

Tersangka Aldie Sukma diamankan di Mapolsek Barat setelah tertangkap mencuri uang di kotak amal di Musala Mushola AL IHSAN Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Magetan, Sabtu (13/2/2021).

Ia menambahkan, pelaku membuka gembok kunci kotak amal dengan menggunakan anak kunci palsu dan sudah empat kali mengambil uang kotak amal di mushola AL IHSAN tersebut.

“Akibat kejadian tersebut Mushola AL IHSAN mengalami kerugian total kurang lebih Rp 585.500,” terang Kapolsek.

Berdasarkan hasil pengembangan tersangka mengaku melakukan pencurian kotak amal di tempat kejadian yang sama sebanyak 4x yaitu pada bulan Oktober 2020 , berhasil mengambil uang tunai  kurang lebih sebesar 500rb.

 

Pada bulan Desember 2020 dan bulan januari 2021( pelaku membuka kotak amal namun tidak  uang didalam kotak) dan pada tanggal 12 januari 2021 pelaku mengambil uang tunai sebesar 85rb.

“Selain itu, pelaku juga pernah memgambil kotak amal di mushola Al Amin, Kelurahan Mangge, Kecamatan Barat, Magetan,” papar Kapolsek.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 7 tahun.(asg/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar