Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

BNN Jatim Bongkar Sindikat Ganja Lewat Jasa Ekspedisi

Kedua tersangka saat diamankan BNNP Jatim

Surabaya (beritajatim.com) Muhammad Tri Pamungkas alias Tole, asal Dusun Sidorono Barengkrajan, Krian, Sidoarjo dan Rafi alias Kandam, warga Dusun Pandean Kalimati, Tarik, Sidoarjo, ditangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur, usai ketahuan menerima narkotika jenis ganja lewat jasa ekspedisi, Senin (18/04/2022).

Kepala BNNP Jatim Brigjenpol M Aris Purnomo menjelaskan, penangkapan kedua tersangka bermula dari informasi masyarakat yang mencurigai isi paket yang diambil oleh Tri Pamungkas di sebuah jasa pengiriman di Sidoarjo.

“Kami amankan di pinggir jalan usai menerima dua paket ganja yang dikirim lewat ekspedisi. Paket pertama berisi 989.05 gram dan 1000,01 gram. Totalnya hampir 2 kilogram ganja kita amankan,” ujar Aris, Kamis (28/04/2022).

Usai ditangkap, Tri mengaku jika ia hanya disuruh oleh seseorang bernama Rafi untuk mengambil paket. Tak berselang lama, Rafi ditangkap di rumahnya.

“Rafi mengakui jika menyuruh dan memang barang itu dia yang pesan,” imbuhnya.

Dari pengakuan kedua tersangka, mereka sudah sering menerima ganja yang dikirimkan lewat jasa ekspedisi. Selain itu, anggota BNNP Jatim mendapatkan identitas BOY yang menjadi bandar dari keduanya.

“Sudah kami kantongi semoga lekas tertangkap,” pungkasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 114 (2) dan pasal 111 (2) jo Pasal 132 (1) UU RI. Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana 20 tahun penjara. (ang/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar