Hukum & Kriminal

Bingung Uji Buat Sim Tak Kunjung Lulus, Begini Solusinya

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah langkah inovasi dan terobosan dilakukan oleh pihak jajaran Kepolisian Polres Tuban khususnya untuk mempermudah bagi warga masyarakat yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) dan juga tidak kunjung lulus saat ujian pembuatan SIM, Senin (5/8/2019).

Pihak Polres Tuban tersebut membuat terobosan bernama SimBa atau biasa dikenal dengan Sim Babinkamtibmas. Yang mana kehadiran program SimBa tersebut adalah untuk melatih kepada masyarakat yang akan mengikuti uji SIM supaya bisa lancar saat membuat SIM.

Keberadaan Simba atau SIM Babinkamtibmas tersebut sebenarnya sudah berjalan di wilayah hukum Polres Tuban sejak sekitar satu lebih meski belum ada di semua jajaran Polsek. Yang mana SimBa sendiri adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat secara gratis yang ingin membuat SIM.

“Program ini salah satu tujuannya adalah mempermudah masyarakat yang akan membuat SIM. Sebelum datang ikut uji kompetensi pembuatan SIM masyarakat bisa berlatih dulu, jadi tidak memakan waktu harus bolak-balik kalau tidak lulus,” terang AKP Ricky Tri Dharma, Kasat Lantas Polres Tuban.

Salah satu Polsek jajaran Polres Tuban saat memberikan pelatihan uji SIM bagi warga

Dalam penerapan Simba itu, warga masyarakat bisa mendaftarkan di Polsek masing-masing wilayahnya. Latihan untuk praktek pembuatan SIM tersebut telah disiapkan di masing-masing Polsek ada dua orang anggota Babinkamtibmas yang akan melatih warga dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Untuk semua latihannya sama dengan ketika uji kompetensi di Polres. Dan rata-rata mereka yang telah ikut program Simba ini 97 persen bisa lulus dan mendapatkan SIM,” tambah Kasat Lantas.

Diharapkan dengan adanya program Simba itu bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat di Tuban Bumi Wali yang belum memiliki SIM untuk ikut berlatih. Sehingga, setelah lancar dalam berlatih mereka bisa ikut mendaftar untuk permohonan SIM dan mengikuti uji kompetensi di Polres Tuban.

“Simba ini masuk dalam program unggulan Polres Tuban yang diajukan ke Kemenpan untuk meraih predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani),” pungkasnya.[mut/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar