Hukum & Kriminal

Tips Buat Gadis yang Jadi Korban Pelecehan Seksual, No 3: Tendang Alat Vital Sekeras Mungkin

Akp Ruth Yeni, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak, Satreskrim Polrestabes Surabaya. (manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak gadis atau anak sekolah menjadi korban pelecehan seksual baik di tempat sepi atau di tempat umum. Ingat, jangan diam saja meski takut ingin berontak tapi tak berani.

Akp Ruth Yeni, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak, Satreskrim Polrestabes Surabaya memberikan tips bagaimana menghindari pelecehan seksual ini.

Saat menghadapi situasi dilecehkan para gadis kecil atau dewasa bisa melakukan ini :

Pertama: Saat dijamah bagian vital atau ditempel dengan bagian vital menghindarlah dengan menjauh.

Kedua: Jika situasi tak memungkinkan untuk menghindar langsung berikan peringatan dengan nada keras. Jangan mengancam atau menuduh langsung, karena bisa kemungkinan faktor ketidak sengajaan. Tapi jika sengaja gampar atau pukul pipinya biar malu di depan umum.

Ketiga: Jika tak berani menegur, lakukan dengan cepat pergi dari menjauh dan bilang ke wanita lain didekat kita supaya membantu. Atau lelaki lain yang bisa membantu agar menegur pria yang melecehkan.

Jika dalam posisi ditempat sepi:

Pertama: Lari saja dan jangan takut. Larilah sekecang mungkin sampai menemukan tempat ramai. Bahkan kalau perlu teriaklah.

Kedua: Jika tidak memungkinkan untuk lari, cari celah melumpuhkan pelaku. Melumpuhkan pelaku tak perlu menguasai beladiri atau karate. Ingan film James Bond? Bintang film ini memakai berbagai alat yang ada disekitarnya. Atau barang yang ia bawa di dalam tas juga bisa dipakai.
Jika membawa parfume, maka semprotlah ke wajah pelaku.
Jika membawa bedak taburkan ke wajah pelaku.
Jika tidak ambilah tanah gembur dan taburkan ke wajah pelaku supaya matanya perih.

Ketiga: Jika tips pertama dan kedua tak memungkinkan, maka ikutilah pola pelaku dan lihat kondisi untuk menendang kelamin pelaku. Sekeras mungkin tendang kelamin pelaku.

Keempat: Jangan lupa jika sudah terjadi tindakan pelecehan seksual, maka laporkan kepolisi atau ke saudara supaya mendampingi laporan ke Polisi.

Selamat mencoba dan yakinlah bahwa tak akan ada kejahatan berlanjut jika kita menolak dan tegas menindaklanjuti suatu perkara.

Tios yang dibagi imi merupakan tips dari pengalaman korban pelecehan seksual yang dialami sejumlah anak-anak atau orang dewasa.

Para korban ini menyampaikan dan berbagi tips dengan harapan tak ada korban pelecehan dan para pelaku pelecehan bisa kapok. [man/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar