Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Bhabinkamtibmas Gresik Dilatih Tongkat dan Borgol untuk Lumpuhkan Lawan

Gresik (beritajatim.com) – Ratusan polisi Gresik, terutama Bhabinkamtibmas, diberi pelatihan menggunakan tongkat serta borgol untuk melumpuhkan lawan. Bhabinkamtibmas diutamakan karena merupakan garda terdepan dalam mengelola permasalahan kamtibmas di wilayah pedesaan.

Ada 138 Bhabinkamtibmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Gresik. Semua diberi pelatihan dengan mendatangkan instruktur yang berkompeten di bidangnya.

Aipda Heri.S selaku tenaga instruktur menuturkan, borgol dan tongkat merupakan peralatan taktis yang selalu melekat pada diri anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di lapangan.

“Saat bertugas tak jarang polisi berada pada posisi melakukan tindakan tegas terukur. Tongkat T dan borgol bisa sebagai pertahanan diri serta melumpuhkan lawan,” tuturnya, Kamis (26/05/2022).

Selain diberi pelatihan menggunakan tongkat dan borgol, anggota Bhabinkamtibmas juga diberi materi pertolongan pertama gawat darurat (PPGD). Di antaranya pertolongan dasar seperti pengecekan jalur nafas, CPR, tehnik mengangkat, atau menandu korban hingga pembidaian untuk penanganan korban patah tulang. Tidak hanya sebatas teori semata, setiap peserta juga bisa langsung praktek didampingi oleh tenaga instruktur.

“Melalui pelatihan ini, kompetensi Bhabinkamtibmas bisa semakin meningkat utamanya dalam mengelola kamtibmas di desa binaannya,” ujar Kasat Binmas Polres Gresik, Kompol Achmad Said. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar