Hukum & Kriminal

Bertemu Milenial Papua, Kapolres Malang Beri Semangat dan Bingkisan

Malang (beritajatim.com) – Kepala Polisi Resor Malang AKBP Hendri Umar bangga setelah bertemu siswa-siswi dari Papua yang sedang menempuh pendidikan di SMAK Yos Sudarso, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Mantan Ajudan Kapolri itu bernostalgia dan bercerita betapa eloknya tanah Papua saat dirinya bertugas mendampingi para Jenderal di Mabes Polri di Bumi Cendrawasih. “Khusus adik-adik dari Papua, saya seperti mengulang memori tahun 2019, kebetulan masih dinas di Mabes Polri. Waktu itu, saya sering ke Papua. Betapa indahnya tanah Papua. Dan kalian generasi muda penerus bangsa harus bangga dengan tanah Papua,” ungkap Hendri mengawali ceritanya, Kamis (11/6/2020) sore.

“Hampir setiap bulan saya ke Papua saat itu, mungkin semua sudah tahu bersama ada beberapa permasalahan disana. Pak Kapolri dan Panglima TNI juga sangat atensi kepada Papua,” sambungnya.

Hendri kemudian menyampaikan, setiap kali datang ke tanah Papua, ada kesan tersendiri yang didapatnya. “Itu menjadi kesan tersendiri bagi saya. Meskipun jauh dari Jakarta. Saya sudah melihat hampir seluruh daerah Papua, sangat-sangat kaya. Kekayaan alam dan budaya, orang-orangnya yang atraktif dan menarik,” katanya berkisah.

“Hampir setiap kabupaten di Papua saya kunjungi, mulai dari Manokwari, Sorong, Kaimana, Arfak, Nabire dan banyak lagi. Itu saya pernah kesana semua, ke kampung adek-adek semua. Itu pengalaman yang sangat luar biasa. Saya sampai ke Merauke, Skauw, ke Pengunungan Bintang, sangat bersyukur bisa ke kampung adek-adek semua,” lanjut Hendri.

Masih di kesempatan yang sama, Hendri menyebutkan bahwa para siswa-siswi dari Papua ini merupakan bagian dari generasi yang akan menjadi calon-calon pemimpin Indonesia di masa depan. “Saya pernah menginjakkan kaki disana, maka saya tekankan Indonesia itu luar biasa. Kita berbeda-beda, tapi itu dasar kita untuk bersatu. Adek-adek harus gali pendidikan disini, untuk pembangunan di Tanah Papua. Adek-adek adalah generasi depan yang akan membangun Papua,” tuturnya.

Tidak lupa, pria yang sebelumnya menjabat Kasubbagbungkol Spripim Polri ini juga menyampaikan pesan-pesannya kepada siswa-siswi dari Papua terkait pandemi Coronavirus disease 2019 atau Covid-19. “Indonesia, bahkan dunia, dihadapkan pada Covid-19. Ini sangat-sangat menyita energi, yang terdampak masyarakat semua. Virus ini benar-benar membawa dampak yang luar biasa,” ujar Hendri.

“Atas dasar itu, tujuan saya menghimbau adek-adek semua untuk menjadi contoh, teladan, jadi inisiator bagi masyarakat yang lain, kita tahu dan paham bagaimana kita menerapkan protokol kesehatan. Cara kita menghindari virus ini adalah dengan disiplin dan kepatuhan kita. Kalau kita sudah patuh dan disiplin, Insyaallah akan terhindar dari virus ini,” pungkasnya. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar