Hukum & Kriminal

Bertemu Kapolda, Kakanwil Kemenkumham Jatim Bahas Jumlah Tahanan Over Kapasitas

Surabaya (beritajatim.com) – Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono melakukan audensi dengan Kapolda Jatim Kombes Pol Fadil Imran, Rabu (18/8/2020). Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut diantaranya adalah masalah tahanan yang over kapasitas di sejumlah Rutan dan Lapas di Jatim.

Bertempat di Ruang Tugu Polda Jatim Kakanwil didampingi Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono, Plt. Kadiv Keimigrasian Is Edi Eko Putranto, Kalapas Surabaya Gun Gun Gunawan dan Kasubag Humas Ishadi MP. Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 dilakukan Tes Rapid terlebih dahulu kepada pimti dan jajaran.

Dalam sambutannya, Fadil mengaku sangat menyambut baik silahturahmi ini. Karena selama ini kedua pihak selalu bersinggungan dalam menjalankan setiap tugas dan fungsi di segala aspek dan bidang hukum. Baik dalam aspek pertahanan dan keamanan wilayah maupun pembinaan narapidana. “Saya kemarin baru mengumpulkan Kapolres untuk membicarakan proses penegakan hukum yang berakibat pada membeludaknya tahanan dan berujung pada overkapasitas lapas,” terangnya.

Persoalan ini, lanjut Fadil, menjadi salah satu yang harus dicarikan solusinya. Menurutnya, penegakan hukum harus tetap jalan. Namun harus tetap memperhatikan situasi dan kondisi lapas. Jangan sampai nanti overkapasitas mempengaruhi pembinaan. “Apalagi di era pandemi ini, jangan sampai muncul klaster lapas/ rutan,” harapnya.

Selain itu, Fadil juga mengatakan bahwa Imigrasi juga sangat berperan dengan semakin tingginya trans national crime. Sehingga, dengan komunikasi ini diharapkan memudahkan pelaksanaan tugas ke depannya. Untuk itu dia akan memerintahkan jajarannya terus menjalin komunikasi dan backup Lapas/ Rutan maupun Keimigrasian di Jatim. Dan bila diperlukan akan dibuat perjanjian kerjasamanya. “Suka duka di lapas, keberadaan orang asing, polisi juga harus tahu,” tegasnya.

Sementara itu Kakanwil mengatakan pihaknya berterimakasih atas sinergitas yang telah berjalan antara Kemenkumham Jatim dengan kepolisian selama ini. Baik itu sinergitas dengan Lapas/Rutan maupun keimigrasian dalam hal ini Timpora. “Alhamdulillah dari koordinasi tersebut, Lapas Rutan dan Imigrasi di Jatim dalam situasi kondusif,” urainya.

Krismono juga meminta dukungan terkait tengah berprosesnya Kanwil Jatim dan jajaran menuju WBK/ WBBM. Dan bila ditemukan pelanggaran, apalagi terkait peredaran gelap Narkoba pihaknya akan siap memberantas dan menindak tegas para pelakunya. “Komitmen kami sudah jelas, kami tidak akan membiarkan warga binaan apalagi petugas yang berkhianat langsung saja diproses hukum,” tegasnya. [uci/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar