Hukum & Kriminal

Beraksi 20 Kali, Polres Ponorogo Tangkap Kawanan Pelaku Curanmor

Ponorogo (beritajatim.com) – Sepak terjang aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang dilakukan oleh tersangka berinisial IH (20) dan MW (26) berakhir. Itu setelah Satreskrim Polres Ponorogo berhasil membekuk kedua pelaku di tempat asalnya Kabupaten Madiun.

Ya, mereka merupakan kawanan pelaku curanmor yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) beberapa Polres di Jawa Timur.

“Kawanan spesialis pencurian sepeda motor ini berhasil kami tangkap, setelah beraksi di wilayah Ponorogo pada Januari lalu,” kata Kapolres Ponorogo AKBP  Muchamad Nur Azis, Kamis (11/6/2020).

Pada bulan Januari lalu, para pelaku mencuri sepeda motor Satria FU yang terparkir di salah satu rumah warga di Desa Gelanglor Kecamatan Sukorejo Ponorogo. Modus yang digunakan, mereka melancarkan aksinya pada dini hari, saat orang-orang tidur. Setelah mengamati keadaan cukup aman, mereka mengambil sepeda motor incaran lalu memasukkannya di dalam mobil dan langsung kabur.

“Setelah mendapatkan laporan dari korban, kami lakukan penyelidikan. Para tersangka bisa kami tangkap. Tersangka IM ditangkap saat berada di SPBU Kecamatan Mejayan, dan MW ditangakap di rumahnya di Kecamatan Pilang kenceng Kabupaten Madiun,” katanya.

Dari pengakuan para tersangka, mereka audah melakukan aksi curanmor sesikitnya ada 20 kali. TKPnya pun berbeda-beda, mulai dari Kabupaten/Kota Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung bahkan di Sragen Jawa Tengah. Selain mengamankan tersangka, petugas juga berhasil menyita barang bukti yakni sepeda motor Satria FU yang dicuri di wilayah Ponorogo.

“Para tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar