Hukum & Kriminal

Belasan Pemuda Naik Motor Berdiri Acung-acungkan Sajam di Depan PGS Surabaya

Gambar tangkap layar video rombongan pemuda bermotor yang berdiri acungkan sajam di PGS Surabaya, Minggu (22/11/2020) dini hari.

Surabaya (beritajatim.com) – Beredar video sejumlah rombongan pemuda bermotor berjalan sembari berdiri dan mengacungkan senjata tajam (sajam). Video berdurasi 53 detik ini terlihat dalam status akun Noto Birowo yang terupload pada Minggu (22/11/2020) dini hari pukul 01.51 WIB. Hal tersebut terlihat pada catatan identitas video kanan bawah fitur bawaan gawain.

Selain menunjukkan infirmasi kapan video terrekam, video juga menampilkan bayangan samar map jalan. Dalam status Noto Birowo ia menuliskan caption video.

tawuran di depan PGS Surabaya
tgl 22 nov 2020 jam 01.51 wib
ada yg bawa sajam berupa clurit

Karena terlihat pemuda berdiri sembari mengacungkan senjata tajam, video ini pun menuai banyak like dan dibagikan. Tercatat ada 283 kali tayang video dan 6 kali dibagikan. Hal ini pun menjadi atensi pihak kepolisian dengan memerhatikan pergerakan para pemuda yang diduga ikut gengster.

Kanit Jatanras, Satreskrik Polrestabes Surabaya, Iptu Agung Kurnia Putra menjelaskan, kepolisian sudah mengecek lokasi usai mendapatkan laporan. Bahkan beberapa waktu pasca para pemuda ini pawai, ia mengaku bahwa petugas langsung mendatangi lokasi.

“Selama (kelompok.red) belum beraksi, kita tak bisa bergerak. Malam itu kita sudah langsung cek di lokasi dan hasilnya nihil atau sepi,” jelasnya kepada beritajatim.com, Kamis (26/11/2020).

Meski bergerak dan keliling, lanjut Iptu Agung, ada pergerakan masif dalam jejaring sosial. Pihaknya menduga bahwa kuat dugaan ada grup baik itu di Instagram maupun WhatApp. Langkah ini dilakukan para gengster untuk mencari anggota.

Sementara menurut hasil cek komentar dalam facebook, ada pergerakan para pemuda mengikuti kelompok tim awok-awok Gengster Surabaya. Beritajatim.com mencoba melakukan penelusuran ke sosial media IG.

Benar ada sejumlah akun dengan mengatasnamakan brt378, official.allstarsoerabaja, warbuk59official, officialkpjawara, bhakart1988, surabayaallstar, allbase207official, dan bahkan banyak akun pemuda diduga gengster anarki dari Bekasi, Bandung dan Jakarta turut nimbrung saling memanasi dalam komentar.

Padahal yang mereka komentari adalah video aksi tawuran dan video aksi bersama memamerkan kebersamaan membawa senjata tajam.

Mendengar adanya temuan ini, Kanit Jatanras pun mengaku sangat meresahkan dan membahayakan. Oleh sebab itu pihaknya melakukan pemantauan berbagai cara. Bahkan timnya akan meminta bantuan unit Cybercrime untuk memecahkan adanya grup bocil gengster arogan ini.

“Benar ada dan meresahkan. Ini juga membahayakan. Kita lakukan pantauan dan diharapkan bisa dilakukan pengungkapan aksi kekerasan dan meresahkan ini,” tandasnya. [man/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar