Hukum & Kriminal

Begini Pengakuan Pencuri Burung Murai di Ponorogo

Pelaku Darno saat diamankan di Polsek Sampung. (Foto/Polsek Sampung)

Ponorogo (beritajatim.com) – Polsek Sampung berhasil menangkap pelaku pencurian burung. Pelaku yang bernama Darno (50), warga kecamatan Plaosan Magetan itu ditangkap usai mencuri burung murai batu medan di Desa Jenangan Kecamatan Sampung Ponorogo.

Menurut informasi yang dihimpun beritajatim.com, kronologis berawal saat pelaku datang ke rumah yang sudah diincar sebelumnya. Saat itu yang berada di rumah istri korban yang bernama Riza Pradevi (30). Kepada Riza, pelaku mengatakan disuruh mengambilkan burung murai batu medan yang menyuruh suaminya. Selanjutnya, istri korban mengambil handphonenya di kamar, guna menelpon suami untuk memastikannya.

“Merasa ada kesempatan, saat itu pelaku langsung mengambil burung tersebut langsung kabur,” Kata Kapolsek Sampung Iptu Marsono, Senin (4/5/2020).

Mendapatkan laporan pencurian, petugas langsung melakukan penyelidikan. Dan berhasil menangkap pelaku di daerah Kecamatan Plaosan Kebupaten Magetan. Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti burung murai batu medan yang sempat dijual ke seseorang dengan harga Rp 2.650.000.

“Pelaku dan barang bukti sudah bisa diamankan di Polsek Sampung, ini dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Dari pengakuannya, pelaku sudah beberapa kali melakukan pencurian. Tidak hanya burung, pelaku juga melakukan pencurian berupa rokok, ayam jago, dan handphone. TKPnya pun beragam, selain di wilayah Kecamatan Sampung, juga di wilayah Magetan dan Wonogiri Jawa Tengah. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian.

“Pelaku diancam dengan hukuman penjara maksimal 5 tahun penjara,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar