Hukum & Kriminal

Bea Cukai Malang Musnahkan 13 Juta Batang Tembakau Iris

Foto ilustrasi.

Malang (beritajatim.com) – Kantor Bea Cukai Malang memusnahkan 13,9 juta batang tembakau iris hasil dari razia selama tahun 2018, pada Selasa, (8/1/2019). Selama setahun Bea Cukai Malang, telah melakukan penindakan sebanyak 253 kali.

“Hasil dari penindakan selama setahun. Kami ingin melindungi masyarakat dari barang impor atau peredaran barang yang perlu pengawasan penuh. Seperti, rokok dan minuman alkohol,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Kanwil Jatim II, Agus Hermawan.

Agus memaparkan barang bukti yang dimusnahkan antara lain, 13,9 juta batang tembakau iris, 7,5 juta lebih batang rokok kretek tangan dan mesin serta 160 ribu lebih liter alkohol.

“Total kerugian negara yang dialami dari hasil penindakan tersebut, sekitar Rp2,9 Miliar. Ada juga barang-barang lain seperti kosmetik, obat-obatan, makanan dan yang lain,” papar Agus.

Agus menyebut, total barang hasil penindakan barang kiriman pos mencapai Rp43 juta lebih. Sedangkan, penerimaan cukai mengalami peningkatan sebesar 103,07 persen atau sekitar Rp20 Triliun. Penerimaan cukai paling banyak didapat dari cukai hasil tembakau yakni sebesar Rp19 triliun.

“Paling besar lagi cukai MMEA sebesar Rp 199 Miliar dan dan cukai etil alkohol Rp 41 miliar. Kami tak berpuas diri, kami akan semakin meningkatkan pengawasan,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar