Hukum & Kriminal

Bea Cukai Kediri Musnahkan Ribuan Batang Rokok dan Tembakau Ilegal

Kediri (beritajatim.com) – Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Kediri memusnahkan ratusan ribu batang rokok dan tembakau iris serta sejumlah barang dari luar Negeri. Barang-barang tersebut melanggar ketentuan kepabeanan dan cukai, sehingga merugikan Negara.

Barang itu menjadi milik Negara hasil penindakan pelanggaran ketentuan cukai sejak bulan November 2019 hinga Juni 2020. Barang yang dimusnahkan diantaranya 152 ribu batang rokok tanpa cukai dan dilekati cukai palsu.

Petugas juga memusnahkan 324 kilogram tembakau iris, serta 404 buah temakau kemasan masing-masing seberat 50 gram. Selain rokok dan tembakau, petugas juga memusnahkan 38 buah sex toys, 17 buah spare part motor, serta 26 buah obat-obatan dan barang lainya yang melanggar bidang kepabeanan yang diamankan dari Kantor Pos.

Nilai barang yang dimusnahkan sebesar Rp 206 juta dengan potensi kerugian Negara mencapai Rp 71, 6 juta. Sementara dalam giat operasi gempur yang berlangung 13 Juli hingga 1 Agustus 2020, petugas bea dan cukai Kediri melakukan 7 penindakan.

Petugas berhasil mengamankan 125 ribu batang rokok sigerat kretek mesin dari berbagai merek dengan nilai Rp 127,7 juta dan potensi kerugian Negara sebesar Rp 72,5 juta.

“Kami melakukan tujuh penindakan. Satu kasus dalam proses penyidikan dan saat ini kita titipkan di tahanan Polres Kediri Kota,” ujar Farid Fahrudi, Plh Kepala Kantor Bea Cukai Kediri.

Petugas mengamankan tersangka ZA asal Desa Gabus Kecamatan, Tembelang- Jombang dengan barang bukti 5.470 pack rokok yang bersisi 20 batang per pack. Barang tersebut diamankan karena sebagian dikemas tanpa cukai serta dilekati cukai palsu dengan potensi kerugian Negara Rp 65 juta. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar