Hukum & Kriminal

Bawa Celurit, Begal Ini Rampas Motor

Gresik (beritajatim.com) – Aksi begal yang dilakukan tersangka Achmad Samsul Arifin (32) asal Desa Sadang, Kecamatan Taman, Sidoarjo tergolong nekat. Dengan membawa celurit sambil menodong ke korban, tersangka dengan leluasa merampas motor milik korban di Jalan Raya Desa Gadung Driyorejo Gresik.

Namun, aksi tersangka tak berlangsung lama. Pasalnya, petugas meringkus beserta barang buktinya sewaktu tersangka bersembunyi.

Kasus begal motor ini bermula saat korban Achmad Yusuf Effendi (27) warga Bangkingan, Lakarsantri Surabaya mengendarai motor Honda Beat L 5509 YM melintas di Jalan Raya Desa Gadung, Driyorejo Gresik setelah pulang bekerja.

Dalam perjalanan, tiba-tiba dihadang oleh tersangka dengan menodongkan sebilah senjata tajam jenis clurit ke arah korban. Tanpa banyak bicara, pelaku meminta paksa sepeda motor yang dikendarai korban.

Karena ketakutan, korban yang mengendarai motor dijatuhkan oleh pelaku. Selanjutnya, pelaku mengambil motor milik korban lalu kabur ke arah timur. Merasa jadi korban begal motor, korban berteriak meminta tolong kepada warga sekitar sambil melaporkan kejadian ini ke Polsek Driyorejo.

Mendapat laporan tersebut, petugas bersama anggota lainnya melakukan penyelidikan, dan mencari keberadaan pelaku. Kemudian, keberadaan pelaku diendus oleh petugas yang bersembunyi di Desa Sadang, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

“Saat kami gerebek bersama barang bukti sepeda motor hasil kejahatan dan sebilah clurit. Pelaku tak bisa mengelak lalu kami bawa ke polsek guna menjalani pemeriksaan,” ujar Kapolsek Driyorejo Kompol Vawek Arifin, Minggu (28/06/2020).

Selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita barang bukti. Di antaranya satu unit motor Honda Beat L 5509 YM, sebilah celurit, dan satu buah tali warna putih panjang 5 meter.

Sementara itu, pelaku Achmad Samsul Arifin menuturkan, dirinya sengaja membawa celurit guna menakut-nakuti korban.

“Celurit yang kamj bawa buat jaga-jaga sekaligus untuk mengancam nyawa korban,” tuturnya.

Kini pelaku Achmad Samsul Arifin meringkuk di sel penjara setelah menjalani pemeriksaan. Pelaku juga dijerat dengan pasal 365 KHUP. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar