Hukum & Kriminal

Bantah Sebagai Pengedar, William Akui Pesan 60 Butir Ekstasi untuk Dipakai Sendiri

Surabaya (beritajatim.com) – William Putra Penjaya dan Achmad Muchammad (berkas terpisah), menjalani sidang kepemilikan narkoba jenis ekstasi dengan agenda keterangan terdakwa. Dalam persidangan yang dipimpin hakim Martin Ginting, kedua terdakwa dicecer beberapa pertanyaan oleh Jaksa Suparlan.

Terdakwa Achmad menjelaskan kronologis bagaimana dia mengambil ekstasi sebanyak 100 butir tersebut. Menurut Achmad, dia disuruh oleh William untuk mengambil ekstasi tersebut di jalan Arjuna tepatnya di depan rumah makan bu Rudy. “Jadi ekstasi itu dikirim oleh Sinyo dengan cara diranjau,” ujar Achmad, Senin (31/8/2020).

Setelah mendapat barang tersebur, Achmad kemudian menyerahkan barang tersebut ke William dan janjian di RS Mata Undaan.

Setelah menyerahkan pil tersebut pada William, namun barang tersebut tak semuanya diterima oleh William. Dia hanya menerima 60 butir dan sisanya dikembalikan lagi ke Achmad. “Saya kembalikan lagi ke Achmad karena tak sesuai pesanan saya, mestinya warnanya kuning bukan biru,” ujar William.

Saat Jaksa Suparlan menanyakan berapa dia beli pil ekstasi tersebut, William mengakui bahwa dia membeli dengan harga Rp 145 ribu/butir. “Lalu kamu jual berapa per butirnya? Kamu dapat keuntungan berapa,” ujar Jaksa Suparlan.

Menurut William, dia membeli ekstasi dalam jumlah banyak bukan untuk dia jual kembali namun akan dia gunakan secara pribadi. “Karena kalau beli dalam jumlah banyak, maka harganya bisa miring,” ujarnya.

Perlu diketahui, William diadili lantaran memesan 100 butir pil extacy ke Cece alias Lili (DPO) dengan harga per butirnya Rp. 145.000 yang selanjutnya terdakwa William menyuruh saksi Achmad alias Amik (berkas penuntutan terpisah) untuk mengambil Narkotika Jenis Extacy di depan RM Bu Rudy Jl Anjasmoro Surabaya yang telah diranjau sebelumnya.

Perbuatan Terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika UU RI No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. [uci/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar