Hukum & Kriminal

Awal Tahun, Polresta Sidoarjo Ungkap 40 Kasus Narkoba

Sidoarjo (beritajatim.com) – Awal tahun 2020 ini, Satreskoba Polresta Sidoarjo berhasil mengungkap 40 tersangka dari 38 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukumnya. Dari 40 tersangka, dua diantara pelakunya adalah perempuan. Yang masih menjadi pengembangan lanjutan, diantaranya pelaku yang sudah tertangkap, adalah jaringan luar kota (Sumatera, red).

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengungkapkan dari hasil tangkapan, petugas mengamankan 323,14 gram sabu, 1.312 butir ekstasi, 25 handphone, uang tunai senilai Rp.1 juta, dan empat senjata api jenis air softgun berikut selongsong peluru aktif.

“Dari pengungkapan kasus peredaran narkoba tersebut, petugas berhasil membongkar jaringan peredaran narkoba dari Sumatera. Dan ini masih kami dalami,” katanya Kamis (30/1/2020).

Zain menjelaskan, dari 40 tersangka yang berhasil diamankan petugas, 10 diantaranya merupakan residivis kasus yang sama. Untuk selanjutnya, petugas masih melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan dari masing-masing tersangka.

“Terus terang kami sangat prihatin dengan maraknya peredaran Narkoba di wilayah Sidoarjo. Kami tidak akan berhenti dan akan terus memerangi peredaran narkoba di Kabupaten Sidoarjo,” tegas Zain.

Kabupaten Sidoarjo, memang menjadi sasaran peredaran narkoba, karena Sidoarjo sebagai penyangga kota Surabaya, Sidoarjo merupakan tempat transit. “Di Sidoarjo ini kan ada bandara, ada terminal juga. Tentunya, kami tidak akan tinggal diam untuk memperketat peredaran narkoba di Sidoarjo,” papar dia.

Akibat perbuatan ini, para tersangka akan dijerat dengan Pasal 112 ayat (1) dan Pasal 114 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dan pasal 196 dan atau pasal 197 tahun 2009 tentang kesehatan. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar