Hukum & Kriminal

Asisten Ekbang Pemkab Lumajang Jadi Tersangka Kasus Korupsi Proyek Pasar Hewan

Lumajang (beritajatim.com) – Diduga melakukan tindak pidana korupasi pada proyek pembangunan pasar hewan senilai Rp 3 Milyar, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemkab Lumajang, Yos Sudarso ditahan Kejaksaan Negeri setempat, Kamis (19/12/2019).

Selain mantan Kadis Pasar itu, juga Triyani Rahayu selaku Direktur CV. San Ken turut diamankan dan dibawa ke tahanan Kejaksaan Tinggi Surabaya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Lumajang, Muhammad Kandi mengatakan, pihaknya menemukan pekerjaan tidak sesuai dan tidak tepat waktu pada pasar hewan. Akibatnya, negara diduga mengalami kerugian sekitar Rp. 541 juta. “Kita tetap kedua tersangka dengan dua alat bukti,” paparnya.

Temuan dari Kejaksaan Negeri Lumajang pada Dinas Pasar mengenai proyek pembangunan pasar hewan tahun anggaran 2016. Sumber anggaran negara untuk pengerjaan pasar hewan senilai Rp 3 milyar lebih dari APBD Lumajang, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus. “Dari penyidikan timsus, ternyata ada pekerjaan yang tidak diselesaikan dan tidak tepat waktu,” jelas Kandi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka akan disidangkan ke Pengadilan Tinggi Korupsi (Tipikor) Sidoarjo. (har/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar