Hukum & Kriminal

Antisipasi Virus Corona, Rutan Medaeng Cek Suhu Badan Pengunjung

Rutan Medaeng

Surabaya (beritajatim.com) – Antisipasi penyebaran virus corona atau Covid 19 dilakukan sejumlah institusi termasuk Rumah Tahanan Klas I Medaeng Surabaya. Dalam upaya pencegahan virus yang berasal dari Wuhan China ini pihak Rutan melakukan tes suhu badan pada sejumlah pengunjung yang memasuki area Rutan.

“Kita antisipasi dengan melakukan cek suhu badan pada pengunjung yang akan mengunjungi keluarganya yang ada di dalam,” ujar Karutan klas I Surabaya Handanu, Senin (16/3/2020).

Lebih lanjut Handanu menyatakan, tak hanya melakukan cek suhu badan pihaknya juga menyediakan hand sanitizer atau pencuci tangan pada pengunjung.

Namun pihaknya mengakui bahwa keberadaan alat suhu badan dan juga hand sanitizer sulit dicari.

Sementara untuk petugas sendiri pihaknya juga melakukan beberapa langkah yakni menerapkan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan pemerintah diantaranya adalah menggunakan masker dan juga sarung tangan.

” Jadi kami tadi sosialisasikan juga pengunjung kalau selama ini petugas tersenyum ramah untuk kali ini tidak terlihat senyumnya karena tertutupi masker,” ujarnya.

Untuk warga binaan (tahanan) sendiri kata Handanu juga dilakukan sosialisasi, apabila merasa lagi ga enak badan seperi demam, batuk, pilek maka segera ke klinik yang sudah disediakan untuk dilakukan tindakan. Dan pihaknya juga sudah menyediakan blok E dimana blok tersebut digunakan untuk tahanan yang sedang sakit.

” Jadi memang selama ini sudah kita tempatkan terpisah yakni di blok E bagi mereka yang dalam keadaan sakit,” tambahnya.

Dengan upaya yang sudah dilakukan pihak Rutan, Handanu berharap penularan virus corona bisa dihentikan. [uci/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar