Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Antisipasi Penyebaran Covid, Rutan Banjarsari Gresik Sediakan Video Call

Gresik (beritajatim.com)- Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Banjarsari Gresik menyediakan sarana video call (panggilan video) bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP). Sarana tersebut digunakan untuk bersilaturahmi bersama keluarga. Fasilitas khusus itu agar WBP bisa berjumpa dengan keluarganya secara virtual.

Kepala Rutan Gresik Aris Sakuriyadi menuturkan, fasilitas tersebut merupakan hak dari WBP. Hal itu sesuai Peraturan Kemenkumham nomor 3 tahun 2018. Apalagi, perayaan lebaran di Rutan yang berada di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme itu memiliki aturan yang ketat selama pandemi Covid-19.

“Aturannya tidak memperbolehkan warga binaan berjumpa langsung dengan keluarganya. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” tuturnya, Kamis (20/5/2021).

Mantan Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Klas 1 Surabaya itu menambahkan, pihaknya telah menyediakan sembilan bilik khusus kepada WBP. “Keberadaan fasilitas video call agar WBP tetap bisa berkomunikasi, bahkan fasilitas tersebut sudah disediakan sejak ada pandemi,” imbuhnya.

Masih menurut Aris, nantinya WBP yang berkomunikasi dengan keluarganya diberi waktu 10 menit karena harus bergantian dengan penghuni lainnya.

“Selain layanan video call kami juga memberikan layanan penitipan bagi keluarga warga binaan. Pihak keluarga atau kerabat warga binaan bisa menitipkan barang-barangnya kepada petugas. Tapi harus dilakukan pemeriksaan terlebih dulu, apakah ada barang yang dilarang atau tidak,” pungkasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar