Hukum & Kriminal

Antisipasi Kerusuhan Napi, Polres Ponorogo Periksa Rutan

Foto: Istimewa

Ponorogo (beritajatim.com) – Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Ponorogo bekerjasama dengan Rutan Kelas 2 B Ponorogo melakukan pemeriksaan situasi dan keadaan para narapidana di dalam.

”Bukan hanya menjelang nataru ini saja, pemeriksaan rutin kami gelar disini,” kata Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, Kamis (19/12/2019).

Pemeriksaan rutin penying dilakukan, karena kata Arief penghuni di rutan kelas 2 B Ponorogo cukup besar. Malah jumlahnya melebihi kapasitas dari seharusnya dihuni. Sehingga, pihaknya merasa harus melakukan pemeriksaan secara berkala. Agar tidak ditemukan barang-barang yang membahayakan, sekaligus untuk memghindari adanya kerusuhan seperti terjadi di rutan di daerah lain.

”Rutan ini penghuninya over kapasitas, menghindari kerusuhan seperti daerah lain, perlu kami antisipasi sedini mungkin,” katanya.

Dalam pemeriksaan kali ini, kata Arief tidak ditemukan barang-barang berbahaya. Petugas hanya menemukan beberapa barang kecil dan sudah diamankan dari para narapidana.

”Hanya beberapa barang kecil yang kita temukan, dan sudah diserahkan kepada Kalapas. Supaya bisa dilakukan penindakan disiplin ke para narapidana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Ponorogo Hendro Susilo mengungkapakan akan memusnahkan barang-barang yang ditemukan dalam pemeriksaan. Ke depan, pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap para warga binaan di Rutan Kelas 2 B Ponorogo.

”Kami memanggilnya warga binaan, dengan temuan ini, mereka akan kami lakukan pembinaan,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar