Hukum & Kriminal

Antisipasi Corona, Rutan Kelas IIB Ponorogo Batasi Pengunjung

Pengunjung saat akan masuk ke dalam rutan.(foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Proteksi untuk pencegahan virus Corona dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Bukan hanya warga, instansi di pemerintahan maupun swasta melakukan upaya tersebut. Tak terkecuali di Rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Ponorogo. Berdasarkan surat esaran dari Dirjen pemasyarakatan, untuk pelaksanaan kunjungan untuk sementara ini dibatasi.

“Pembatasan pengunjung ini sebagai bentuk antisipasi pencegahan penukaran virus Corona yang saat ini sudah menyerang Indonesia,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Ponorogo Arya Galung, Rabu (22/3/2020).

Jadi bagi keluarga, kerabat atau teman yang ingin mengunjungi napi, hanya dibatasi satu orang dalam sehari. Selain itu bagi pengunjung yang pada saat ini mengalami sakit batuk atau pilek, tidak diperbolehkan untuk berkunjung. “Namun, kami memberi keleluasaan bagi pengunjung yang ingin menitipkan barang baik itu makanan maupun kebutuhan sehari-hari kepada napi,” katanya.

Sementara untuk kesehatan para napi, pihak rutan kelas IIB Ponorogo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pengecekan kesehatan rutin setiap hari Sabtu. Selain itu juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan di dalam rutan.

“Kami juga siapkan hand sanitizer bagi napi yang membutuhkan. Intinya setelah mencuat virus Corona ini, kami menghimbau napi untuk meningkatkan kebersihan mereka dan keberhasilan rutan,” pungkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar