Hukum & Kriminal

Antisipasi Corona, 120 Napi Lapas Jombang Dibebaskan Bertahap

Napi Lapas Jombang bersiap meninggalkan penjara setelah dilakukan pendataan, Kamis (2/4/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Sebanyak 120 narapidana (Napi) Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Jombang bakal dibebaskan secara bertahap. Pembebasan tersebut sebagai lagi mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Hal itu mengingat penguni di Lapas Klas IIB tersebut memang over kapasitas.

Plt Kasi Pembinaan dan Pendidikan (Binadik) dan Giatja Lapas Jombang M Mahmuda Haris menjelaskan, pembebasan napi tersebut berdasarkan Permenkumham No 10 tahun 2020 tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi napi dan anak dalam rangka pencegahan penanggulangan penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Hari ini yang kita bebaskan sebanyak 33 napi. Rincianya, 32 orang bebas melalui asimilasi dan 1 napi melalui hak integrasi. Ini sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Karena memang Lapas di Jombang over kapasitas,” kata Haris, Kamis (2/4/2020).

Hari mengungkapkan, atas dasar itu pihaknya melakukan verifikasi para napi yang memenuhi persyaratan. Walhasil, sebanyak 120 napi terverifikasi alias memenuhi persyaratan untuk bebas. “Kemarin kita juga membebaskan melalui asimilasi sebanyak 27 orang dan hak integrasi 2 orang,” katanya merinci.

Dengan begitu, lanjut Haris, sudah ada 62 napi yang dibebaskan dalam dua tahap. Rincianya, 29 napi dibebeaskan pada tahap pertama, kemudian 33 napi dibebaskan pada tahap kedua atau hari ini. “Besok kita juga melakukan kegiatan serupa. Yakni pembebasan tahap tiga,” sambunya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar