Hukum & Kriminal

Antisipasi Balap Liar di Wisata Gunung Kotak, Polisi Razia Jelang Buka Puasa

Patroli di kawasan wisata Gunung Kotak oleh jajaran Polsek Ngrayun. (Foto/Polsek Ngrayun)

Ponorogo (beritajatim.com) – Sebagai bentuk antisipasi dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang buka puasa, jajaran Polsek Ngrayun melaksanakan patroli dan razia balap liat di kawasan wisata Gunung Kotak Desa Selur Kecamatan Ngrayun Ponorogo.

Razia yang dipimpin oleh kepala SPKT Aipda Edy Subroto dan diikuti anggota lainnya. Kegiatan itu dilaksanakan untuk menindaklanjuti banyaknya pengaduan dari masyarakat via short message service (SMS) Polsek Ngrayun.

“Banyak pengaduan dari masyarakat lewat SMS, bahwa ada trek-trekan oleh pemuda di kawasan wisata Gunung Kotak menjelang buka puasa,” kata Kapolsek Ngrayun AKP Suroso, Selasa (20/4/2021).

Benar adanya, ternyata regu patroli yang telah tiba di lokasi wisata tersebut mendapati banyak anak-anak muda yang nongkrong di pinggir jalan beserta sepeda motornya. Petugas juga menemukan bekas selongsong petasan. Kuat dugaan selain menjadi ajang trek-trekan atau balap liar, lokasi itu juga dibuat main petasan. Dimana itu sangat membahayakan.

Dalam kesempatan itu, petugas memberikan penyuluhan kepada anak muda yang berada disekitar wisata Gunung Kotak tersebut. Mereka dihimbau untuk tidak melakukan balap liar. Sebab, selain meresahkan masyarakat juga membahayakan dirinya sendiri. “Para pemuda ini kami beri penyuluhan supaya tidak melakukan trek-trekan ataupun balap liar,” katanya.

Untuk antisipasi gangguan kamtibmas ini, Suroso memerintahkan anggotanya untuk melakukan patroli di kawasan wisata tersebut setiap hari menjelang berbuka puasa. Sebab aksi kegiatan balapan liar ini terbukti sudah meresahkan masyarakat dan mengganggu pengguna jalan lain.

“Dengan adanya pengaduan via SMS, kita secara rutin tiap sore menjelang buka puasa akan selalu berpatroli di tempat ini. Supaya meminimalisir trek trekan atau balapan yang dapat meresahkan serta mengganggu pengguna jalan lain” pungkas AKP Suroso. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar