Hukum & Kriminal

Angka Kriminaitas Selama Pandemi Virus Corona di Bojonegoro Menurun

Bojonegoro (beritajatim.com) – Di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19 kasus kriminal yang terjadi di wilayah hukum Polres Bojongoro mengalami penurunan. Khususnya pada dua bulan ini, yakni Maret dan April.

Kapolres Bojonegoro AKBP M Budi Hendrawan mengatakan selama pandemi ini perbandingan kasus kriminalitas mengalami penurunan. “Maret sampai April kejadian kriminalitas mengalami penurunan jika dibanding bulan Januari – Februari,” ujarnya, Rabu (22/4/2020).

Pada Januari kasus kriminalitas yang terjadi di Polres Bojonegoro sebanyak 106 kasus, Februari ada 68 kasus, Maret 66 kasus dan April 45 kasus. “Jadi ada tren penurunan kasuskiminalitas, sehingga di Bojonegoro relatif aman untuk kamtibmas,” jelasnya.

Terkit tahanan asimilasi di Wilayah Hukum Polres Bojonegoro ada sebanyak 77 orang. Dengan rincian asli warga Bojonegoro 55 orang dan selebihnya berasal luar daerah. Untuk anggota Babin dan Kanit Intel di masing-masing daerah asal tahanan asimilasi ini sudah diinstruksikan untuk melakukan pengawasan.

“Mudah-mudahan tidak ada gejolak atau tindak pidana baru baik yang dilakukan oleh tahanan asimilasi maupun yang lain,” harapnya.

Sekadar dikahui, dalam pembentukan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Bojoengoro, Polres Bojonegoro juga termasuk dalam tim tersebut bersama dengan TNI/Kodim 0813 dan Kejaksaan Negeri.

Sejak awal, menurut Kapolres, Tim Gugus Tugas ini bersama dalam pencegahan maupun penanganan penyebaran Covid-19 di Bojonegoro. Termasuk membentuk posko di daerah perbatasan dengan kabupaten lain dan pengecekan penumpang bus.

“Dari pemeriksaan warga yang datang di jalur terminal dan stasiun sejauh ini belum ada yang positif. Yang postif rata-rata dari luar,” ujarnya. [lus/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar