Hukum & Kriminal

Anggota Dewan Gresik dari Partai Nasdem Mahmud Terancam Masuk Penjara

Gresik (beritajatim.com) – Anggota Dewan dari Partai Nasdem Gresik, Mahmud terancam masuk penjara lagi. Pasalnya, putusan kasasinya sudah keluar dan terdakwa divonis 1 tahun penjara.

Sebelumnya, Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Gresik terhadap terdakwa Mahmud.

“Yang bersangkutan terdakwa H Mahmud divonis 1 tahun hukuman penjara karena terbukti melanggar pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan,” ujar Humas Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Herdiyanto Sutantyo, Rabu (24/06/2020).

Lebih lanjut Herdiyanto menuturkan, berdasarkan putusan nomor 138K/PIPD/2020 hakim kasasi membatalkan putusan banding nomor 1224/PID/2019 dan mengabulkan kasasi dari Kejari Gresik. Saat putusan banding terdakwa divonis bebas.

“Surat relase sudah kami kirim ke pihak Kejari Gresik pada 29 Mei 202p lalu dan sudah diterima. Terdakwa juga sudah kami kirimkan pada Rabu 27 Mei 2020 diterima sendiri oleh terdakwa,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejari Gresik Edrus mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan eksekusi dilakukan. “Kami upayakan pemanggilan dulu yang bersangkutan. Sebab, di masa pandemi Covid-19 menjadi faktor utama, sebelum dilakukan eksekusi lalu mengirimnya ke Rutan Banjarsari Cerme, Gresik. Karena itu, terdakwa harus dalam kondisi sehat terlebih dahulu,” terangnya.

“Sebelum proses eksekusi harus rapid test dulu. Yang pasti secepatnya akan kami lakukan eksekusinya dan kami berharap pihak terdakwa bisa koperatif,” ungkapnya.

Secara terpisah, penasehat hukum terdakwa Gunadi, SH saat dikonfirmasi beritajatim.com menyatakan dirinya meminta waktu memberikan penjelasan terhadap kliennya yang kasasi bandingnya dibatalkan oleh MA. “Saya minta waktu dulu mas ini masih ada meeting,” pungkasnya. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar