Hukum & Kriminal

Amankan PSBB, Polres Gresik Terjunkan 1.200 Personel

Gresik (beritajatim.com) – Polres Gresik siap melaksanakan tugas pengamanan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berlaku Selasa besok, tanggal 28 April 2020 di 8 kecamatan selama 14 hari kedepan.

Sebagai tindak lanjut dalam pengamanan PSBB tersebut, polres setempat menerjunkan 1.200 personel yang terdiri dari 5.00 personel dari Polres Gresik, 280 personel dari unsur TNI Kodim 0817, 280 personel Satpol PP, dan 140 personel dari BKO Polda Jatim. Total ada 1.200 personel yang diterjunkan.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo mengatakan, 1.200 personel tersebut nantinya ditempatkan di 8 kecamatan yang masuk wilayah PSBB, atau 48 titik cek poin.

“Kita siapkan semua personel tersebut di sejumlah titik cek poin yang telah ditentukan. Termasuk diantaranya, di area pintu keluar masuk perbatasan Gresik,” katanya, Senin (27/04/2020).

Terkait mekanisme pelaksanaan PSBB ia melanjutkan, pihaknya akan mengacu pada Pergub Jawa Timur, dan Perbup Gresik.

“Kami menyesuaikan dengan Pergub Jawa Timur dan Perbup Gresik mengenai pemberlakuan PSBB,” ujarnya.

Kusworo Wibowo menambahkan, mengenai PSBB besok diberlakukan. Dirinya, meminta masyarakat untuk disiplin dan mematuhi aturan PSBB. Apabila tidak ada keperluan mendesak masyarakat diminta tetap tinggal di rumah.

Namun, bilamana ada keperluan yang harus ke luar rumah, maka harus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, kendaraan roda khusus ojok online (Ojol) tak diperkenankan membawa penumpang. Sementara untuk kendaraan roda empat, penumpang hanya diperkenankan 50 persen dari kapasitasnya.

“Kami menghimbau masyarakat mematuhi peraturan PSBB agar pandemi Covid-19 tidak menyebar,” tandasnya. (dny/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar