Hukum & Kriminal

Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Tuban Siapkan Ratusan Personil

Tuban (beritajatim.com) – Petugas kepolisian dari jajaran Polres Tuban bersama dengan personil gabungan dari berbagai instansi melakukan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2020 guna persiapan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, Senin (21/12/2020).

Guna pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru besuk, ratusan personil gabungan dari Polres Tuban, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) dan juga BPBD Tuban telah disiagakan. Selain itu, petugas kepolisian juga telah membuat pos-pos pengamanan di jalur-jalur masuk Kota Tuban.

Pelaksanaan Apel Operasi Lilin 2020 itu berlangsung di lapangan belakang Mapolres Tuban dengan langsung dipimpin oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono. Selain itu, juga mengundang Dandim 0811 Tuban, Kasatpol PP Tuban, Dinas Perhubungan, Pemkab Tuban serta sejumlah tokoh Ormas serta para tokoh masyarakat yang ada.

“Pagi ini kita melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Pelaksanaan apel ini melibatkan dari personil TNI, Satpol PP, Dishub dan juga instansi lainnya,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban setelah pelaksanaan apel tersebut.

Kapolres Tuban menambahkan, bahwa pihak Polres Tuban sendiri telah membuat sebanyak 3 pos pantau dan 2 pos pelayanan. Pos-pos tersebut di sebar dibeberapa titik untuk masuk wilayah Kabupaten Tuban mulai dari perbatasan Jatim-Jateng, perbatasan Tuban-Lamongan dan juga di perbatasan Tuban dengan Bojonegoro.

“Untuk jumlah personil sendiri dari kepolisian sebanyak 185, terus ditambah dari personil TNI, Satpol PP dan Dinas Perhuhungan. Adapun Pemkab Tuban sendiri juga menyediakan pos untuk pengecekan kesehatan warga yang akan masuk Tuban,” tambahnya.

Terkait dengan pengamanan malam pergantian tahun 2020 menuju 2021, petugas kepolisian sendiri akan melakukan tindakan tegas terhadap warga masyarakat yang akan melakukan kegiatan perayaan seperti konvoi dan lainnya. Petugas akan menggelar patroli dengan skala besar guna menyisir sejumlah titik yang dinilai akan menjadi titik kerumunan warga masyarakat khususnya para kalangan pemuda.

“Kita akan melakukan patroli dengan skala besar dengan sasaran sejumlah titik yang rawan terjadi kerumunan. Nanti kita akan bertindak tegas melakukan pembubaran jika sampai terjadi kerumunan,” tegas AKBP Ruruh Wicaksono yang pernah menjabat sebagai Kapolres Madiun tersebut.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Lilin di tengah-tengah Pandemi Covid-19 seperti ini petugas kepolisian juga masih terus berupaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tuban. Yakni petugas akan melakukan pendisiplinan masyarakat supaya patuh protokol kesehatan khususnya di tempat-tempat keramaian seperti tempat wisata dan juga pasar-pasar.[mut/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar