Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Alhamdulillah, Warga Binaan Lapas Lamongan Ikut Ujian Sekolah Paket C

Warga binaan Lapas Lamongan saat mengikuti ujian sekolah paket C di ruang kelas Lapas Kelas IIB Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Sebanyak 15 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mengikuti ujian sekolah paket C di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur.

Ujian tersebut merupakan hasil kerjasama antara Lapas Lamongan dengan Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Media Cinta Ilmu, yang sebelumnya juga turut memberikan pembinaan pendidikan non-formal kepada para WBP setempat.

Dalam kesempatan ini, Plt Kepala Lapas Lamongan, Mahrus melalui Kasi Binadik dan Giatja, Dwi Achmad Sarifudin mengungkapkan, bahwa belasan WBP yang mengikuti ujian paket C ini sangat berantusias dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Warga binaan Lapas Lamongan saat mengikuti ujian sekolah paket C di ruang kelas Lapas Kelas IIB Lamongan.

“Tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan antusiasme yang begitu tinggi dari WBP merupakan wujud capaian pembinaan di dalam Lapas Lamongan,” tutur Dwi Achmad kepada wartawan, Rabu (23/3/2022).

Dwi Achmad juga mengungkapkan rasa terimakasihnya Kepada Yayasan PKBM Media Cinta Ilmu yang turut membantu pembinaan di dalam Lapas, utamanya dalam hal pendidikan sekolah. Ia juga mengapresiasi kepada jajaran pembinaan atas terselenggaranya ujian paket C ini.

“Diharapkan dengan adanya bantuan pendidikan sekolah dari Yayasan PKBM Media Cinta Ilmu, dapat memberikan pendidikan yang layak dan dapat membuka wawasan yang luas bagi WBP sebagai bekal kembali ke masyarakat,” terangnya.

Warga binaan Lapas Lamongan saat mengikuti ujian sekolah paket C di ruang kelas Lapas Kelas IIB Lamongan.

Lebih lanjut, Dwi menuturkan, digelarnya program pendidikan bagi anak ini bertujuan agar tercapainya akses anak dalam mendapatkan hak pendidikannya dengan standar yang baku dan berlaku secara nasional.

Menurut Dwi, hal ini sesuai Keputusan Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Dirjen Pas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: PAS-42.PR.01.02 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Pendidikan Kesetaraan Program Paket A, Program Paket B dan Program Paket C.

“Program pendidikan bagi narapidana dan anak dalam sistem pemasyarakatan adalah usaha sadar dan terencana dalam mengembangkan potensi dirinya untuk kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara,” tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan ujian paket C ini digelar di ruang sekolah Lapas Lamongan. Turut hadir di antaranya Plt Kalapas Lamongan yang diwakili oleh Kasi Binadik dan Giatja, Ketua Yayasan PKBM Media Cinta Ilmu, Kepala Kesetaraan PKBM Media Cinta Ilmu beserta staf, dan perwakilan pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan. [riq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar