Hukum & Kriminal

Akun FB Wabup Probolinggo Minta-minta Sumbangan, Begini Faktanya

Probolinggo (beritajatim.com) – Akun Facebook (FB) Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko, diduplikat. Akun kloningan atas nama wabup ini-pun segera memantik beragam reaksi netizen. Ada yang percaya, tidak sedikit pula yang menyangsikan.

Pasalnya, sejak diaktifkan, akun ini terang-terangan meminta sumbangan untuk sebuah yayasan dan pondok pesantren (Ponpes). Mengetahui, akunnya digandakan, Timbul Prihanjoko, segera mengklarifikasi. Secara terbuka politisi PDI-P itu menyatakan, tidak bertanggungjawab atas akun duplikat tersebut.

“Itu bukan akun milik saya, dan ada orang yang memang sengaja membuat akun tersebut, dan akan digunakan untuk menipu,” ujar Timbul di kantornya, Rabu (18/11/2020) siang.

Selain menyesalkan kejadian itu, Timbul Prihanjoko, juga meminta aparat penegak hukum sesegera mungkin mengungkap dan menangkap pelaku. “Ya, saya berharap pelaku yang dengan sengaja mengkloning akun saya itu bisa segera berhenti. Dan jangan dilanjutkan lah ya perbuatan seperti itu tidak baik,” lanjutnya.

Wabup Timbul Prihanjoko, menghimbau kepada masyarakat agar tidak merespons semua permintaan akun duplikat atas nama dirinya. “Kepada masyarakat jangan percaya. Itu penipuan,” tegasnya singkat.

Terpisah, Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan mengecam tindakan pemalsu FB Wakil Bupati Probolinggo. “Saya minta segera hentikan tindakan dan kegiatan itu. Cepat atau lambat pelaku akan kita temukan,” cetus perwira dua melati tersebut saat dihubungi melalui telepon.

Ferdy juga menghimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam bermedos. Tidak langsung menanggapi segala permintaan bantuan mengatasnamakan pejabat publik. “Masyarakat agar lebih berhati-hati. Dan jangan mudah percaya ketika ada akun-akun yang mengaku pejabat meminta sesuatu. Harus dicek langsung kepada pejabat yang bersangkutan,” tutup Ferdy Irawan. [eko/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar