Hukum & Kriminal

Aksi Terekam CCTV, Polisi Ringkus Komplotan Pencuri Baju

Tuban (beritajatim.com) – Aksi pencurian pakaian yang dilakukan oleh komplotan pelaku dengan jumlah tiga orang terjadi di sebuah toko pakaian yang ada di wilayah jalan raya Tuban-Bojonegoro, Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban dan sempat kamera CCTV yang terpasang di toko itu.

Berdasarkan bukti rekaman CCTV itu petugas dari Sat Reskrim Polres Tuban akhirnya berhasil mengungkap komplotan itu dan kemudian meringkus para pelaku pencurian tersebut. Pada saat ditangkap komplotan pencuri antar kota itu berusaha melakukan perlawanan terhadap petugas dan akhirnya terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas, Rabu (1/4/2020).

Data yang dihimpun beritajatim.com, tiga pelaku komplotan pencurian pakaian yang berhasil di bekuk itu masing-masing adalah Agus Darmawan (42), warga Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kabupaten Mojokerjo. Muhamamd Sofi (38), warga Desa Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Mojokerto dan Suwanto (36), seorang residivis asal Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto.

Dalam melakukan pencurian di toko pakaian itu, Agus Darmawan bersama komplotannya itu mendatangi toko milik Ahmad Arifi (40) yang ada di pinggir jalan raya Kecamatan Rengel, Tuban itu. Pelaku kemudian masuk ke dalam toko pakaian tersebut dan mengambil puluhan baju hem dan juga berbagai pakaian yang ada di dalam toko korban itu.

“Pelaku diketahui masuk dan melakukan pencurian di toko itu sekitar pukul 19.00 Wib. Mereka mengambil 30 potong baju hem, 8 celana dan 1 switer,” jelas AKP Yoan Septi Hendri, Kasat Reskrim Polres Tuban.

Mengetahui adanya kejadian itu, korban langsung melaporkan kepada pihak kepolisian dan petugas kemudian melakukan olah TKP untuk mengetahui jejak dari pelaku. Selain itu, aksi komplotan itu diketahui berdasarkan jejak rekaman CCTV yang terpasang di sekitar toko pakaian milik korban itu.

“Dari hasil rekaman CCTV diketahui pelaku menggunakan mobil dengan plat nomor W 1892 VS. Kemudian Unit Resmob Sat Reskrim melakukan pencarian kendaraan tersebut untuk mengetahui siapa pemiliknya,” tambahnya.

Setelah dilakukan penyelidikan ternyata mobil tersebut adalah mobil rental. Sehingga dari keterangan pemilik rental akhirnya diketahui bahwa pada saat itu mobil Xenia itu disewa oleh kawanan pelaku tersebut yang diketahui merupakan warga Mojokerto.

“Setelah diketahui identitasnya, anggota kemudian melakukan pengejaran para pelaku itu di wilayah Mojokerto dan saat hendak ditangkap mereka berusaha melarikan diri di area tambak,” papar Kasat Reskrim Polres Tuban itu.

Petugas yang melakukan penangkapan sudah beberapa kali memberikan tembakan peringatan pada pelaku yang hendak kabur di tambak ikan itu, karena tak dihiraukan akhirnya para pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas. Kini pelaku komplotan pencuri pakaian antar kota itu sudah ditahan di Polres Tuban bersama barang buktinya untuk proses hukum lebih lanjut.

“Pelaku sudah kita tahan di Polres Tuban. Dari hasil pemeriksaan mereka juga mengaku pernah melakukan pencurian itu di wilayah Kabupaten Lamongan,” pungkasnya.[mut/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar