Hukum & Kriminal

Ajukan Penangguhan Penahanan, Suami Jadi Jaminan untuk Zikria Dzatil

Sang suami Zikria Dzatil bersama anaknya saat mengunjungi Polrestabes Surabaya beberapa waktu lalu.(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Kedatangan Daru Asmarajaya (53) suami Zikria Dzatil (43) terduga pelaku ujaran kebencian terhadap risma mendatangi Mapolrestanes, Rabu (5/2/2020). Diidampingi kuasa hukum Zikria, Advent Dio Randy, mereka hendak mengajukan penangguhan Zikria. Bahkan, guna meyakinkan kepolisian, sang suami dijadikan jaminan hukum buat sang istri.

“Surat permohonan penangguhan penahanan terhadap klien kami, bu Zikria. Suratnya sudah masuk kemarin (Rabu),” kata Dio saat dikonfirmasi, Kamis (6/2/2020).

Lebih lanjut, Dio menjelaskan, penangguhan tersebut dilakukan guna memberikan perawatan sang buah hati yaknu GZ (2) yang masih menyusu ASI ibunya. Bahkan, yak hanya itu Deo juga menyebutkan bahwa ada beberapa alasan yang membuat pihaknya mengajukan permohonan penangguhan penahanan.

“Salah satu alasannya adalah anak klien kami yang masih balita sangat membutuhkan ibunya. Apalagi klien kami masih menyusui anak terakhirnya ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran membenarkan pengajuan permohonan penangguhan penahanan Zikria oleh kuasa hukumnya. Pengajuan ini sudah dikirim ke pihak kepolisian dan sampai saat ini masih peninjauan. Sudamiran menyebut, jika pihaknya masih melakukan kajian terhadap permohonan tersebut.

“Benar penangguhannya sudah dikirim dan saya terima. Akan kami kaji dulu berdasarkan pertimbangan objektif dan subjektif apakah memenuhi unsur. Dari permohonan pengajuan itu alasan utamanya adalah karena anak tersangka yang masih kecil dan membutuhkan perhatian ibunya. Lalu untuk penjamin sendiri adalah suami tersangka,” tandasnya.(man/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar