Hukum & Kriminal

Ada Posyan Lebaran Rumah Adat Bhineka Tunggal Ika di Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Satlantas Polres Gresik tak pernah kering melakukan inovasi demi memanjakan para pemudik yang melintas di jalur Pantura Duduksampeyan, Gresik. Tepatnya, di SPBU Desa Tebalo, Kecamatan Dudukaampeyan, Gresik.

Ada pos pelayanan (Posyan) Lebaran 2019 yang berkonsep rumah adat kebhinekaan nusantara ‘Unity in Diversity’ (Berbeda-beda tapi satu persatuan). Posyan yang disulap menjadi miniatur taman mini itu berdiri lima rumah adat yang mewakili 31 provinsi di Indonesia. Rumah adat itu antara lain Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Keberadaan Posyan Lebaran yang unik tersebut langsung dinilai oleh Ditlantas Polda Jatim yang dipimpin Kasubdit Kamsel Kompol Adhitya Panji Anom. Menurut perwira dengan satu melati di pundak itu, Polda Jatim dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim saat ini sedang melakukan penilaian pos pelayanan di 30 Polres se-Jawa Timur dan diumumkan setelah Operasi Ketupat Semeru 2019 selesai.

“Harapan kami menginginkan keberadaan posyan ini bisa membantu para pemudik terutama dalam hal pelayanan,” ujarnya, Kamis (30/05/2019).

Untuk penilaiannya lanjut Adhitya, ada beberapa kriteria. Antara lain kerjasama dengan instansi lain, fasilitas bagi pemudik, dekorasi, dan bagaimana inovasinya bermanfaat bagi pemudik. “Posyan Satlantas Polres Gresik yang berkonsep rumah adat bhineka tunggal ika. Saya nilai sangat inovatif dan luar biasa. Tahun lalu pernah meraih juara. Wajar kalau tahun ini posyan-nya dikonsep sangat luar biasa,” ungkapnya.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto mengatakan, posyan yang ada di SPBU Tebaloan Duduksampeyan ini sengaja dikonsep bhineka tunggal ika dengan mengkedepankan rumah adat nusantara.

“Melalui Posyan Lebaran ini kita ingin menunjukkan bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan berbagai suku. Selain itu, posyan yang didirikan tersebut juga dilengkapi fasilitas command center, aplikasi Go Sigap, aplikasi informasi masyarakat, graha cendekia, serta bisa dibuat spot foto selfie,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu pemudik Abdul Muis (40) asal Kediri yang hendak menuju ke Bojonegoro menyatakan posyan yang ada di SPBU Tebaloan Duduksampeyan, Gresik sangat kreatif dan inovatif. “Sangat memanjakan bagi para pemudik dan kreatifnya luar biasa,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar