Hukum & Kriminal

Ada Pelaku Baru, Keluarga Munir di Batu Sedikit Lega

Almarhum Muinir Said Thalib

Batu (beritajatim.com) – Keluarga Almarhum Munir Said Thalib merasa sedikit lega karena telah ditentukan tersangka baru terkait kematian Munir didalam pesawat ketika menuju Belanda.

Kelegaan itu dikarena dengan adanya tersangka baru maka misteri kematian akan segera terungkap.

“Dengan adanya bukti dan orang baru maka informasi akan semakin banyak. Dari situ akan terungkap kenyataan, bukan misteri lagi,” kata Kaka Almarhum Munir ketiga, Mufid di Toko Jamu Manfaat II di [asar Batu miliknya, Jumat (20/6/2008).

Keluraga sebenarnya tidak rela tiap saat nama almarhum disebut orang terkait pengungkapan kasusnya. Namun disisi laon masyarakat ingin membuka misteri kematiannya. “Karena terjadi dua pandangan yang berbeda maka pihak keluarga pasrah dengan realita saja,” tutur Mufid.

Mufid beranggapan, jika tersangka baru (Muhdi PR) masih bagian yang nampak, namun yang diinginkan masyarakat saat ini adalah pengungkapan secara keseluruhan.

“Ini kan masih kulit, kan pasti ada daging dan tutang. Masyarakat sekarang ini ingin pengungkapan kasus yang yang menyeluruh. Sebab yang dituntut masyarakat adalah keadilan,” papar Mufid.

Dijelaskanya, jika informasi keluarga di Batu dan Malang tentang perkembangan kasus Munir sama saja. Sebab keluarga di Malang dan Batu mengikuti dari telivisi dan surat kabar saja.

“Berbeda dengan Suciwati (istri Munir), dia terus mencari kebenaran dan keadilan akan kematian suaminya. Kita baru ditelpon beberapa hari sebelum diumumkan tersangka baru. Itupun hanya bilang kemungkinan polisi akan menangkap tersangka baru, ya hanya itu. jadi kan sampa dengan sampean (anda),” kata Mufid.

Keluarga besar Munir sempat pesimis, pihak keluarga saat ini agak bisa berharap terhadap perkembangan hukum kasus meninggalnya tokoh HAM di Indonesia ini.

“Ternyata Suciwati dan teman-teman Munir serius untuk mengungkap misteri kematian Munir. Keluarga bangga dan akan terus memotivasinya untuk mencari keadilan. Sedangkan masyarakat juga terus memotivasi para pejuang pengungkap kematian Munir,” kata Mufid.

Dilanjutkannya, jika kasus ini semakin cepat terungkap sampai akarnya, keluarga akan cepat lega karena nama Munir tidak akan terus disebut orang dan keluarga tidak selalu teringat almarhum. “Jika kabar tentang Munir mencuat, keluarga selalu ternigat Munir,” kata Mufid berharap. (ted)

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar