Hukum & Kriminal

Ada Check Poin Polres Mojokerto, Angka Kecelakaan di Jalur Sendi-Cangar Nihil

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander saat memimpin check Poin di jalur Sendi-Cangar, Minggu (22/11/2020) kemarin. [Dok]

Mojokerto (beritajatim.com) – Check poin kendaraan yang digelar Satlantas Polres Mojokerto bersama stakeholder terkait di jalur Sendi-Cangar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Minggu (22/11/2020) kemarin berbuah manis. Hasilnya, dalam satu hari tidak ada kecelakaan yang terjadi di jalur penghubung Kabupaten Mojokerto dengan Kota Batu tersebut.

Bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mojokerto, relawan dan mekanik, petugas melakukan check poin kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas di jalur rawan kecelakaan Sendi-Cangar. Yakni di jalur wisata Pacet (Sendi sampai Gotean) yang biasa terjadi akibat rem blong.

Kapolres Mojokerto, AKBP Dony Alexander mengatakan, tujuan dari check poin tersebut yakni petugas melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melintas di jalur Sendi-Cangar. Yakni seperti rem dan radiator serta pengecekan kesehatan pengendara kendaraan.

Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Randy Asdar mengatakan, selain melakukan pengecekan kendaraan, petugas bersama relawan juga menghimbau dan memberikan peringatan kepada pengguna jalan. “Yakni untuk mengistirahatkan kendaraannya di tempat istirahat yang sudah disediakan,” ungkapnya, Senin (23/11/2020).


Petugas juga menghimbau kepada masyarakat atau pengguna jalan sebelum berkendara agar memastikan kondisi kendaraan. Kasat menjelaskan, petugas juga menghimbau agar kendaraannya memuat sesuai kapasitas yang sudah ditentukan baik orang maupun barang sehingga tidak sampai terjadi overload.

“Petugas juga memberikan himbauan kepada masyarakat atau pengguna jalan untuk tertib berlalu-lintas agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas serta tetap mematuhi protokol kesehatan. Yakni memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan tidak berkerumun saat melakukan aktivitas di luar rumah,” katanya.

Edukasi akan protokol kesehatan, lanjut Kasat, terus dilakukan petugas kepada masyarakat atau pengguna jalan. Dari kegiatan check point yang dilakukan selama 1×24 jam di jalur Sendi-Cangar, membuahkan hasil manis yakni nihil terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Meski dilakukan check poin kendaraan, namun situasi lalu-lintas lancar dan terkendali.

“Masyarakat atau pengguna jalan semakin nyaman dengan kehadiran pihak kepolisian khususnya dari Satlantas Polres Mojokerto dan masyarakat atau pengguna jalan lebih berhati-hati dan mengurangi kecepatannya ketika melintas di jalur tanjakan dan turunan tajam di jalur Sendi-Cangar. Sehingga hal ini memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jalan,” pungkasnya. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar