Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

85 Napi Rutan Magetan Dapat Remisi, Satu Bebas

Napi Rutan Magetan saat jalani kegiatan dalam rutan saat pandemic Covid-19. (foto: Fatihan Ibnu Fiqri)

Magetan (beritajatim.com) – Sebanyak 85 nara pidana di Rutan Magetan mendapatkan remisi kemerdekaan. Salah satunya bahkan dinyatakan bebas. Eries Sugiyanto Kepala Rutan Magetan membenarkan terkait pemberian remisi tersebut.

“Sebanyak 83 orang mendapatkan remisi umum (RU) I dan satu lagi RU II. Dua orang remisi menurut PP 99/2012,” terang Eries usai mengikuti upacara peringatan detik – detik proklamasi di Alun Alun Magetan, Selasa (17/8/2021)

Eries mengungkapkan kalau remisi umum terdiri atas pengurangan hukuman mulali 1 bulan hingga lima bulan. Sebanyak 30 napi mendapatkan pengurnagna hukuman 1 bulan, 17 orang dapat pengurangan hukuman 2 bulan, 21 orang hukumannya dikurangi 3 bulan. “Berikut sisanya ada 11 ornag yang hukumannya dikurangi 4 bulan, dan dua orang dikurangi 5 bulan,” ternag Eries.

Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan prilaku sehari-hari narapidana. Jika mereka tidak berprilaku baik maka hak remisi tidak akan diberikan.

“Remisi diberikan kepada seluruh narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif diantaranya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dan tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas, Rutan, atau Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” katanya. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar