Hukum & Kriminal

70 Kotak Berisi Jutaan Pil Koplo Diamankan Polrestabes Surabaya

Pilkoplo jenis LL yang diamankan petugas kepolisian Polrestabes Surabaya, belum lama ini. (manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Tercatat setidaknya ada 70 kotak pil koplo berhasil diamankan oleh Satuan Narkoba Polrestabes Surabaya belum lama ini. Menurut Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian, saat ini 70 kotak pil LL tersebut sudah diamankan di Mapolrestabes.

Dari total penangkapan barang yang ada petugas mengamankan dari beberapa kota di tiga Provinsi. Hanya saja AKBP Memo tak menyebutkan berapa juta pil koplo yang diamankan.

“Pengungkapan peredaran pil LL sebanyak 3,5 juta butir yang diamankan di Surabaya. Ada juga dari Kediri, Jakarta dan Bandung. Penggerebekan berawal dari penangkapan seorang pengedar pil koplo, selanjutnya dikembangkan ke kurir dan penimbun pil koplo ini di Surabaya, dan Kediri. Untuk jumlahnya berapa juta, belum terdata secara detail,” jelasnya, Selasa (10/3/2020).

Lebih lanjut AKBP Memo menjelaskan, pengamanan ini juga diharapkan bisa menembus sampai ujung akar dan produsen pembuat pil koplo. Sebab, pil dengan jenis LL ini memang sudah dihentikan peredarannya. Oleh sebab itu, pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan dengan harapan bisa membekuk gembong atau pabrikan obat keras ini.

“Kita sudah selidiki dan lakukan penggerebekan di beberapa titik. Bahkan di Bandung kita sudah gerebek juga berkoordinasi dengan BNN setempat,” tandasnya.

Sememtara itu pengungkapan peredaran pil double ini, diungkap oleh unit I Satresnarkoba Polrestabes Surabaya yang dipimpin oleh Iptu Raden Dwi Kenardi. Terungkapnya 3,5 juta butir di sebuah gudang penyimpanan di kawasan Rangkah, Surabaya.

“Benar, berdasarkan informasi dari masyarakat, kami kembangkan kemudian kita amankan empat pelaku terkait peredaran pil double L,” kata Memo.

Memo menambahkan jika ketiga pelaku diamankan sekitar bulan Februari lalu. Berawal dari pengamankan pelaku yang berinisal VA (29) dikawasan Petemon.

Setelah dintrogasi pelaku mengaku jika barang-barang tersebut diamankan di sebuah rumah yang dijadikan gudang di kawasan Rangkah. Setelah dilakukan pengintain, petugas akhirnya menemukan barang bukti pil L L, yang terbungkus kardus dan karung sebanyak 35 kardus.

Dari beberapa kotak kardus yang ada, satu kardusnya berisi 100 ribu butir pil LL. Di sana mereka mengamankan tiga pelaku lainya yakni dua orang sebagai penjaga gudang dan satu orang kurir. Mereka berinisal VR(27) R (27) dan AS (25) ketiganya warga Surabaya.

“Barang bukti sudah diamankan di sebuah rumah yang dipakai buat gudang penyimpanan. Rencanannya barang bukti tersebut akan diedarkan diberbagai wilayah di Jawa Timur termasuk Surabaya, Sidoarjo, Gersik, dan Kediri. Saat ini anggota masih melakukan pengembangan,” tandas Memo. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar