Hukum & Kriminal

7 Kali Beraksi, Polisi Ringkus Sepasang Bocil Spesialis Curi Motor

Petugas menunjukan sejumlah barang bukti saat gelar perkara dua sejoli pacaran yang mencuri motor di Mapolrestabes Surabaya, Senin (22/2/2021).(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Unit Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya membekuk sepasang kekasih pelaku curanmor. Ironisnya, pelaku masih berusia di bawah umur. Mereka adalah IGD (16) yang putus sekolah dan kekasihnya BR (17).

Selain itu, yang mengejutkan lagi adalah catatan kepolisian keduanya. Bahwa, dalam catatan kepolisian mereka sudah beraksi tujuh kali mencuri motor.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Oki Ahadian mengatakan dalam menjalankan aksinya, keduanya berboncengan menggunakan sepeda motor untuk mencari sasaran sepeda motor yang diparkir di depan rumah. “Mereka selalu berdua saat beraksi. Total ada tujuh kali mereka beraksi dan mendapatkan motor,” jelasnya saat gelar perkara di Mapolrestabes Surabaya, Senin (22/2/2021).

Setelah menemukan sasaran, BR yang berperan sebagai eksekutor merusak rumah kunci kontak motor dengan kunci T yang sudah dimodifikasi. Sedangkan sang gadis kecil duduk di atas motor sembari mengawasi dan siaga lari jika ketahuan.

Kompak dan rapi, entah memperoleh dari mana ilmu mencuri mereka. Namun, tak hanya mencari bekal kunci T untuk merusak pengaman motor. Mereka juga bisa memburu motor sesuai kebutuhan pasar dan bahkan memiliki penadah sendiri di Bangkalan, Madura. “Para pelaku ini adalah pasangan kekasih. Untuk perannya yang pria eksekutor, yang wanita menunggu di atas motor,” lanjut Oki Ahadian.

Setelah berhasil, lanjut Oki, keduanya membawa motor hasil curian tersebut menuju Bangkalan, Madura untuk dijual kepada penadah berinisial DN (buron/DPO). Hasil penjualan motor curian itu digunakan keduanya untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Hasilnya dari pengakuan para pelaku untuk memenuhi kebutuhan hidup,” cetus Oki.

Kini mereka akan diganjar dengan pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian dan pemberatan. Barang bukti yang berhasil disita yakni kunci T, pakaian, dan sepeda motor matik hasil curian. (man/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar