Hukum & Kriminal

67 Napi Rutan Kelas 2B Bangkalan Dipulangkan

Puluhan napi saat akan dibebaskan

Bangkalan (beritajatim.com) – Program asimilasi yang ditetapkan pemerintah untuk para narapidana umum dampak adanya pandemi virus Corona/Covid-19, sudah diterapkan di Kabupaten Bangkalan.

Setidaknya ada 67 napi dari berbagai kasus pidana umum yang sudah dipulangkan dengan cara dibagi dua yakni kloter pertama dilakukan pada Kamis (2/4/2020) sebanyak 33 orang dan Senin (6/4/2020) sebanyak 34 napi.

Kepala Rumah Tahanan Kelas ll B Bangkalan, Ahmad Fauzi mengatakan, program asimilasi ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus.

“Sesuai dengan arahan Kemenkumham, kami melaksanakan program asimilasi ini. Para napi sudah bisa kembali ke rumah namun tetap diawasi dan tidak boleh keluar rumah,” terang KaRutan Bangkalan.

Dikatakan, sebelum napi ditetapkan sebagai penerima program asimilasi, juga telah dilakukan kesepakatan dengan pihak keluarga agar menjamin para napi untuk tidak melakukan tindak pidana.

Fauzi juga mengatakan,para napi yang dikembalikan kerumah merupakan napi yang memiliki masa tahanan dibawah 5 tahun dan sudah menjalani separuh masa tahanan.

“Mayoritas dari napi narkoba, namun mereka yang mendapat putusan hukuman di bawah 5 tahun agar tidak menyalahi PP 99 tahun 2012,” lanjutnya.

Dikatakan, program asimilasi ini dilaksanakan selama 7 hari dan berakhir esok. Dijadwalkan, esok hari pihaknya masih melakukan pemulangan napi namun masih terdata satu orang sebagai tambahan. “Sudah didata untuk besok, masih satu orang,” pungkasnya.[sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar